Jumat, 15 November 2019

KGS Jambi Asah Pola Pikir Siswa

Belajar Robotik dengan Teknologi Sphero Edu

Senin, 06 November 2017 | 14:47:35 WIB


Siswa KGS Jambi saat memainkan robotik dengan teknologi sphero edu yang dibantu arahan para guru.
Siswa KGS Jambi saat memainkan robotik dengan teknologi sphero edu yang dibantu arahan para guru. / Jainal Abidin

JAMBI - Perkembangan teknologi robotik kian mengalami peningkatan. Kondisi itu disikapi Kanaan Global School dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni agar bisa mengaplikasikannya.

Di Kanaan Global School (KGS) Jambi, siswa diajarkan mengenal dan memanfaatkan robotik melalui program Sphero Edu. Guru Komputer SD KGS Jambi, Rendra Gandatua Sitorus mengatakan, program spheru edo merupakan kegiatan ekstrakulikuler siswa, dengan pemanfaatan kecanggihan teknologi robotik.

"Siswa diajarkan mengenal dan menjalankan sphero edu, robot yang berbentuk bola," katanya, Minggu (5/11) kemarin.

Rendra menjelaskan, dalam pengoperasian program ini, siswa dituntut mampu mengendalikan kecepatan, kejelian, serta mampu melewati rintangan hingga finish. Siswa juga dituntut mampu mengaplikasikan gadget dalam memainkan program ini.

Dikatakannya, program ini diajarkan untuk siswa SD kelas IV-VI, yang dilaksanakan seminggu sekali. Robotik ini didapat dari luar, tujuannya untuk memadukan kebutuhan siswa dan kemampuan yang diberikan Sphero Edu.

"Kalau untuk merakit, kita belum ada. Kita baru coba menjalankan saja, robotnya dari Inggris," katanya lagi.

Sementara itu, Manajemen KGS Jambi, Lius Iman Santoso Ciputera mengatakan, sphero edu merupakan program pendidikan yang menggunakan media robot dengan coding sebagai pengendalinya. Ini untuk mengasah otak anak, sehingga bisa bekerja dan berfikir.

Selain itu, menurut Lius, pembelajaran robotik ini, kaitannya dengan science, technology, engineering dan mathematics (STEM). Cara ini diyakini bisa meningkatkan kemampuan logika siswa. "Sehingga bisa mengembangkan kreativitas anak itu sendiri," paparnya.

Selanjutnya, untuk ke depan, pihaknya akan mengembangkan lebih jauh lagi program ini. Termasuk di jenjang yang lebih tinggi, dengan mengkombinasikan kemampuan coding, dengan kreativitas anak untuk membangun robot mekanik.

Terpisah, salah satu siswa kelas V SD KGS Jambi, Febrian Budiman mengatakan, ia sangat senang bisa diajarkan dalam menjalankan program robotik dengan aplikasi spheru edu di gadgetnya.

"Kita diajarkan menjalankan robot bola, lurus, belok dan melewati rintangan," sebutnya.

Dalam menjalankan aplikasi spheru edu itu, ia menyebut, mereka diharuskan mendownload aplikasinya terlebih dulu. Kemudian diatur sesuai program, hingga bisa mengendalikan robot itu sendiri.

“Dengan pelajaran robotik ini, kami jadi tahu bagaimana cara mengoperasikan sebuah program, hingga bisa menggerakan suatu benda yang sebelumnya sudah terhubung. Ini pelajaran yang sangat menyenangkan, karena bisa mengasah otak dan kemampuan," paparnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments