Jumat, 26 April 2019

SMK Revani Siapkan Siswa Ikuti PSG

Jelang Praktik di Perusahaan dan Pemerintahan

Selasa, 07 November 2017 | 16:23:54 WIB


Kepala SMK Revani Indra Putra, Emrizal
Kepala SMK Revani Indra Putra, Emrizal / Jainal Abidin

JAMBI - SMK Revani Indra Putra Kota Jambi saat ini tengah menyiapkan siswanya untuk  mengikuti Pendidikan Sistem Ganda (PSG), atau lebih dikenal magang kerja. PSG ini akan dilaksanakan Januari mendatang, dibeberapa dunia industri perusahaan, dan pemerintahan di Kota Jambi.

Kepala SMK Revani Indra Putra, Emrizal mengatakan, Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini, meripakan tindaklanjut dari penerapan pembelajaran siswa di sekolah, dan mengaplikasikannya di lapangan, dengan mempelajari secara langsung.
"Jadi tidak monoton siswa ini belajar di sekolah,. Mereka juga akan praktik langsung di lapangan melalui PSG atau magang," ujarnya, Senin (6/11).

Saat ini, kata Emrizal, sekolah tengah memberikan pembekalan, sehingga nantinya saat berada di lapangan siswa dapat menyelesaikan tugasnya.
"Tentunya materi pembekalan yang dinerikan sesuai dengan yang digunakan selama mengikuti PSG," jelasnya.

Selain itu, pembekalan sikap, perilaku, dan aturan di lapangan ketika mengikuti PSG juga diberikan sekolah." Supaya tidak mengecewakan perusahan atau pemerintah, dan sekolah," sebutnya.

Kemudian, pihak perusahaan atau pemerintahan juga nantinya memberikan pembekalan, dengan mendatangi sekolah, dan melakukan sosialisasi kepada siswa.

" Seperti saat ini, dari salah zatu perusahaan swasta sedang memberikan pembekalan," paparnya.

Nantinya, selama mengikuti PSG, siswa harus mampu menerapkan ilmu yang didapat di sekolah, dengan memadukan ilmu di dunia kerja.

Bukan hanya itu,  siswa juga harus dapat mencapai nilai standard lapangan, yang telah ditentukan sekolah.
" Standard dari sekolah, yang memberikan nilai perusahaan atau pemerintahan," jelasnya.

Ia berharap, nantinya ketika siswa sudah mengikuti PSG, dapat memberikan ilmu dan mengembangkan dengan baik, dan membawa ilmu baru ke sekolah kembali. (abd).


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments