Selasa, 13 November 2018

Skill dan Keterampilan Siswa Dimantapkan

Di SMK Sembilu

Rabu, 08 November 2017 | 10:55:30 WIB


Kepala SMK Sembilu II Kota Jambi, Ramli Nur
Kepala SMK Sembilu II Kota Jambi, Ramli Nur / Jainal Abidin

JAMBI - SMK Sembilan Lurah (Sembilu) II Kota Jambi terus memantapkan skill dan keterampilan siswanya lewat pelajaran tambahan. Kegiatan itu rutin digelar setiap hari, sesuai jurusan yang ada di sekolah.

Kepala SMK Sembilu II Kota Jambi, Ramli Nur mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki 3 jurusan yang dilengkapi sarana prasarana praktik. Ketiga jurusan itu yakni Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Kendaraan Motor (TSM), dan Instalasi Listrik (IL).

Ramli menyebut, pelajaran tambahan diberikan pada masing-masing jurusan itu setelah siswa selesai mengikuti kegiatan belajar, sehingga tidak mengganggu pelajaran lainnya.

"Perhari ada 1 lokal dengan 5 siswa dan 1 pembimbing yang diberi pelatihan," katanya.

Selain itu, sekolah juga menyediakan sarana dan prasarana pendukung praktik siswa agar siswa bisa menerapkan pelajaran yang telah diberikan secara langsung. "Seperti sepeda motor dan mobil bekas dan alat instalasi listrik," paparnya.

Ia menyebut, sarana pendukung praktik siswa didapat atas kerjasama pihak sekolah dengan perusahaan yang sebelumnya telah melakukan kerjasama. "Kalau Sepeda Motor dari Yamaha, an mobil dari Unitet Tracktor (UT) Jambi," bebernya.

Bukan hanya prasarana praktik, ia menyebutkan, untuk kerjasama lainnya juga dilakukan sekolah, seperti pemagangan siswa. Selanjutnya, ia berencana ke depan akan membuat inovasi baru, yakni alat pengelolaan sampah. "Sehingga bisa memberikan manfaat pada masyarakat," terangnya.

Dengan skill dan keterampilan yang diberikan, ia berharap, siswanya mampu mengembangkan ilmunya baik melanjutkan ke perguruan tinggi, maupun terjun ke dunia industri. "Sesuai Motto SMK, siswa harus bisa melakukannya," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments