Senin, 27 Mei 2019

Meriahkan HUT Tebo, Asian Agri Gelar Pengobatan Gratis


Jumat, 22 Desember 2017 | 21:57:35 WIB


Warga saat mengikuti kegiatan pengobatan gratis
Warga saat mengikuti kegiatan pengobatan gratis / metrojambi.com

MUARATEBO - Asian Agri ikut memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Tebo, ke-18, dengan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di sekitar operasional perusahaan PT Rigunas Agri Utama (RAU) yang merupakan unit bisnis salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Aksi sosial ini, diprakarsai Asian Agri bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo melalui Puskesmas Sumay. Pemeriksaan kesehatan gratis dilakikan didua desa, yaitu Desa Tuo Sumay dan Desa Teriti.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Puskesmas Sumay, Suharto, Management PT RAU Adensius Tarigan/Manager Plasma, Kepala Desa Tuo Sumay Masfuat, BPD Tuo Sumay A Juni, dan dua dokter bersama delapan perawat.

Masyarakat dari dua desa yang berjumlah 259 orang, sangat antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis, berupa pemeriksaan tensi, gula darah, kolestrol maupun cek golongan darah.

Aksi sosial yang dilakukan Asian Agri, 15 Desember lalu itu, sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam hal peningkatan kesehatan masyarakat yang ada di seputaran perusahaan.

"Perusahaan selalu berkomitmen mendukung program pemerintah, khususnya pemerintah daerah seputar peningkatan kesehatan masyarakat. Salah satu bentuknya adalah kegiatan pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat," ungkap Management PT RAU, Adensius Tarigan dalam pesan elektroniknya, Kamis (21/12).

Menurutnya, dua desa ini dipilih karena berada di ring 1 perusahaan yang secara langsung atau tidak, terkait hubungannya dengan perusahaan.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program CSR Asian Agri. Tak hanya aksi kepedulian ini saja yang telah dilaksanakan. Sebenarnya kami sudah banyak memberikan bantuan CSR baik dibidang keagamaan, sosial, pendidikan, ekonomi, infrastruktur dan lainnya," ucapnya.

Manager PT RAU berharap, semoga CSR ini dapat bermanfaat untuk semua warga. "Kami (Asian Agri) berharap dukungan dan kerjasama dari masyarakat, pemerintah desa dan pemerintah daerah dalam hal pengembangan perusahaan untuk mengarah agar lebih maju dan baik," harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sumay, Suharto mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan PT RAU ini, jelas sangat mendukung program dari pemerintah.

"Kami mewakili pemerintah, memberikan apresiasi dan ucapan banyak terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini. Pada prinsipnya setahu saya, baru PT RAU lah satu-satunya perusahaan yang peduli dengan warga masyarakat baik itu di bidang pendidikan, sosial, keagamaan, utamanya di bidang kesehatan. Kami berharap ke depan kegiatan yang baik ini dipertahankan dan bila perlu terus dikembangkan. Contohnya pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan kesehatan kerjasama dengan Dinas Kesehatan," sebutnya.

Kepala Desa Tuo Sumay, Masfuat mewakili warga Desa Tuo Sumay dan Teriti juga mengucapkan terima kasih kepada Asian Agri melalui PT Rigunas Agri Utama yang selalu memberikan perhatiannya kepada masyarakat dalam bentuk bantuan CSR-nya.

"Pemeriksaan kesehatan gratis ini sebenarnya adalah sebagian kecil dari bantuan yang telah diberikan, karena tidak hanya di tahun ini kami dapat bantuan. Sebelumnya perusahaan sudah membantu dalam bentuk infrastruktur bangunan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat lainnya. Kami selalu berharap kepedulian perusahaan terhadap warga kami ditahun-tahun mendatang," ujarnya.

Sebagai pemerintah desa selalu mendukung setiap program dan kegiatan perusahaan dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas dalam perusahaan. "Kami yakin bahwa ketika sebuah perusahaan berkembang dan maju dengan baik, maka masyarakat di sekitar perusahaan pun akan merasakan dampak baiknya," jelasnya.

Salah seorang pasien, Nenek Lijah yang telah berumur 130 tahun dengan logat melayu juga mengucapkan terimakasinya. "Terimo kasih nianlah dibantu PT RAU untuk berobat tidak bayar. Jugo kawan-kawan terimo kasih jugo, kami lah tuo susah kalau mau berobat ke dokter kareno jauh. Tapi hari iko dokternyo datang katanya disuruh PT RAU," ungkapnya.


Penulis: ist
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments