Rabu, 6 Juli 2022

Koalisi Gemuk, Ini Lima Parpol Pendukung Monadi-Edison di Pilkada Kerinci

Rabu, 03 Januari 2018 | 16:47:36 WIB


Monadi dan Edison
Monadi dan Edison / metrojambi.com

JAMBI - Pendaftaran calon bupati Kerinci akan segera dibuka oleh KPU Kabupaten Kerinci, sesuai tahapan dimulai dari tanggal 8-10 Januari 2018.

Sejauh ini, dua pasangan calon sudah memastikan dukungan parpol sebagai syarat maju di perebutan BH 1 DZ di bumi Sakti Alam Kerinci. Keduanya adalah Monadi-Edison dan Adirozal-Ami Taher.

Menariknya, Monadi-Edison dipastikan berkoalisi gemuk, mengingat Golkar dan Gerindra sudah memastikan melabuhkan dukungannya ke pasangan yang berslogan Modis tersebut. Dengan total lima parpol yakni Gerindra 5 kursi, Golkar 5 kursi, PDIP 4 kursi, NasDem 2 kursi, dan Demokrat 3 kursi.

Total pasangan ini sudah mengumpulkan total 19 kursi di parlemen Kerinci, atau melebihi syarat minimal pencalonan 6 kursi.

Sementara itu pasangan Adirozal-Ami Taher baru didukung dua parpol, yakni PAN 4 kursi dan PPP 3 kursi, dengan total 7 kursi di parlemen. Meski baru didukung dua parpol, namun pasangan ini sudah memenuhi syarat minimal dukungan untuk mencalonkan diri.

Tinggal tiga parpol tersisa, PKB 2 dua kursi, Hanura 1 kursi, dan PBB 1 kursi. Ketiga parpol inipun tidak bisa memenuhi syarat jika ingin mengusung calon. Mau tidak mau, ketiga parpol merapat ke salah satu pasangan Monadi-Edison maupun Adirozal-Ami Taher sebagai pengusung di Pilkada Kerinci 2018.


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments