Minggu, 23 September 2018

Dewan Sidak Tugu Keris

Angsa Tugu Keris Tuai Kritik

Jumat, 05 Januari 2018 | 11:03:08 WIB


Anggota Komisi III DPRD Kota Jambi yang turun Sidak ke Tugu Keris Siginjai
Anggota Komisi III DPRD Kota Jambi yang turun Sidak ke Tugu Keris Siginjai / Amril Hidayat

JAMBI – Tugu Keris Siginjai Kota Baru Kota Jambi baru saja diresmikan Wali Kota Jambi pada malam pergantian tahun, tepatnya Minggu (31/12). Namun hasil dari pembangunan tugu keris tersebut banyak menuai kritikan, terutama pada angsa yang dibuat seperti bebek.

Hal tersebut juga menjadi sorotan komisi III DPRD Kota Jambi, kemarin (4/1) komisi III DPRD Kota Jambi mereka melakukan Sidak terhadap hasil pembangunan tugu keris siginjai.

"Patung Angsanya kayak anak itik saja. Ini harus segera diganti ke bentuk sebelumnya seperti Angsa," kata Junedi Singarimbun, Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi.

Selain Patung Angsa, relief yang menggambarkan sejarah perjuangan Kota Jambi juga menjadi kritik komisi III. Pihaknya menilai beberapa relief yang mengelilingi bagian bawah Tugu Keris Siginjai tersebut asal jadi. "Reliefnya bukan lah berbentuk relief yang ada. Hanya semen kasar lalu dilukis saja dan tidak timbul. Tidak ada kesan sempurna dan bagusnya," imbuh Junedi. Dengan kondisi tersebut, Komisi III mendesak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jambi untuk memperbaiki dan mengembalikannya seperti semula.

Deadline yang diberikan kepada PU yakni sebelum Wali Kota Jambi Sy Fasha masuk masa cuti. "Sebelum Februari, harus selesai perbaikannya. Supaya tidak ada unsur politik," ucap Junedi.

Senada dikatakan Ani, salah seorang pejalan kaki ketika melewati Tugu Keris Siginjai. Dirinya juga tampak tak suka dengan bentuk baru Angsa di Tugu Keris Siginjai itu. Ani menilai bentuk Angsa tidak sama dengan yang sekarang lebih seperti itik. “Dulu Angso Sekarang Itik. Kalau begini, arsiteknyo tidak tahu beda Itik dengan Angso, atau jangan-jangan tidak tahu sejarah,” kata Ani.

Sebelumnya, Wali Kota Jambi Sy Fasha lebih dahulu mengaku tidak puas terhadap hasil pembangunan angsa tugu keris siginjai tersebut. “Saya belum puas dan saya juga sudah meminta kepada Dinas PU terkait replika Angsa di bangunan tersebut diperbaiki benar-benar menyerupai Angsa. Masih banyak yang perlu diperbaiki, karena masih ada masa pemeliharaan,” kata Fasha.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments