Sabtu, 21 September 2019

Meriahkan HUT Jambi Dekranasda Adakan Kuluk Day


Selasa, 09 Januari 2018 | 10:00:56 WIB


Para peserta lomba pemasangan tengkuluk berfoto bersama dewan juri
Para peserta lomba pemasangan tengkuluk berfoto bersama dewan juri / Humas Pemprov Jambi

JAMBI - Dalam rangka memperingati HUT ke-61 Provinsi Jambi, Dekranasda Provinsi Jambi mengadakan Kuluk Day, yakni lomba memasang tengkuluk dan menjadi momentum bagi para wanita yang lahir dan dibesarkan di Jambi untuk mengingatkan serta melestarikan kembali tengkuluk ini.

Ariansyah, Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi mengatakan bahwa tujuan diadakan lomba pemasangan tengkuluk ini yang pertama menimbulkan rasa cinta kepada warisan budaya Jambi pada masyarakat Jambi pada umumnya dan anak muda pada khususnya.

Selain itu, kata dia, untuk menggali potensi warisan budaya Jambi serta mengembangkan dan melestarikan warisan budaya Jambi yang berkaitan dengan seni dan budaya.

"Kegiatan ini juga menandakan bahwa tengkuluk merupakan sebuah tradisi," jelasnya.

Dikatakan Ariansyah, perlombaaan Kuluk Day ini terdiri dari berbagai kategori yaitu kategori umum, OPD dan serta pelajar dari SMA dan SMK dengan peserta lebih dari 200 orang.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Sherrin Tharia juga menyampaikan bahwa Kuluk Day, diharapkan nantinya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang sejarah Provinsi Jambi dan mendorong pertumbuhan perekonomian Provinsi Jambi.

Ditegaskan Sherrin, dengan diadakannya Kuluk Day ini dapat memperkenalkan dan melestarikan serta jangan sampai kuluk diakui oleh negara lain.

"Harus terus kita gaungkan kepada muda mudi khususnya, agar tahu bahwa kekayaan budaya yang dimiliki Jambi ini banyak dan patut dilestarikan hingga ke anak cucu," tegas Sherrin.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi untuk terus menggaungkan Kuluk ini, dikatakan Sherrin akan dimasukkan ke dalam kurikulum muatan lokal.

"Hal ini merupakan sebuah energi yang positif serta akan dikoordinasikan dengan pihak terkait," ucapnya.

Sherrin juga menginginkan Kuluk Day ini jangan hanya dijdikan seremonial namun juga merupakan ajang perkenalan makna-makna dari tengkuluk ini.

"Pada hari ini dan ke depannya para genarasi mida harus bisa mendalami makna dari pada peninggalan apa sih sebetulnya dari makna-makna tengkuluk ini," pungkasnya.


Penulis: Sharly
Editor: Khusnizar


TAGS:


comments