Selasa, 20 Agustus 2019

Jambi Berpotensi Diguyur Hujan Lebat


Selasa, 09 Januari 2018 | 21:12:52 WIB


Wilayah Provinsi Jambi berpotensi diguyur hujan lebat
Wilayah Provinsi Jambi berpotensi diguyur hujan lebat / dok.metrojambi.com

JAMBI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi memantau bahwa di Jambi saat ini masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Hujan ini terjadi karena adanya pusat tekanan rendah (Low) 1006 mb di Australia bagian Utara dan 1008 mb di Samudera Hindia Selatan Sumatera. Kemudian terdapat sirkulasi tertutup di Bangka Belitung. Selain itu, daerah belokan angin di Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Kalimantan.

"Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan yang signifikan di wilayah Provinsi Jambi," kata Kepala BMKG Provinsi Jambi, Nurangesti Widyastuti, Selasa (9/1/2018).

Menurut dia, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada sore, malam dan dini hari berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Muaro Jambi, Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Merangin.

Lalu Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo dan Kabupaten Kerinci.
Akibat cuaca tersebut, masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir terutama di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin di wilayah-wilayah tersebut.

Diungkapkan Nurangesti, prediksi Dipole Mode Januari sampai dengan April 2018 Normal, prediksi Lanina Januari sampai Mei 2018. "La Nina lemah. Berarti ada sedikit penambahan curah hujan (karena lanina lemah)," kata dia.

Untuk puncak hujan, kata dia, Jambi akan terjadi beberapa kali, seperti Maret dan April, kemudian September. Dan ini sudah terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Bulan November kemarin jumlah curah hujan di Stasiun Meteorologi Bandara = 340 mm. Dan Desember = 273 mm. Secara umum curah hujan akan meningkat lagi pada Maret dan April," pungkasnya.


Penulis: Sharly
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments