Selasa, 25 September 2018

Soal Dukungan Ganda di Kerinci, Ini Penjelasan Ketua DPD Gerindra Jambi


Kamis, 11 Januari 2018 | 21:06:31 WIB


Sutan Adil Hendra
Sutan Adil Hendra / Metrojambi.com

JAMBI - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebelumnya sudah menjatuhkan dukungan kepada pasangan Monadi-Edison untuk Kerinci. Namun, belakangan partai berlambang garuda ini menganulir dukungan tersebut dan beralih kepada Zainal-Arsal.

Belakangan Ketua dan Sekretaris sempat menghilang disaat pasangan Zainal-Arsal mendaftar ke KPU. Ini lantaran ketua dan sekretaris tersebut sebelumnya sudah mendampingi pasangan Monadi-Edison.

Akhirnya, DPP Gerindra mengambil alih dan memberikan mandat kepada Arsal dan Yanti Maria untuk menandatangani berkas berita acara pendaftaran di KPU Kerinci. Hasilnya, Zainal-Arsal resmi terdaftar dan dukungan sebelumnya ke Monadi-Edison dicabut.

Menanggapi hal ini, Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra (SAH) mengaku tidak tahu adanya pembekuan ketua dan sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Kerinci saat pendaftaran pasangan Zainal-Arsal. Ia juga mengatakan, jika tidak dilibatkan oleh DPP soal dukungan tersebut. "Saya tidak tahu soal itu," katanya.

Menurutnya, dukungan ke Monadi-Edison sudah melalui mekanisme partai, dimana sesuai usulan DPC ke DPD dan DPD ke DPP. "Sudah sesuai mekanisme, itu juga sesuai survei, karena salah satu syaratnya adalah hasil survei," ujarnya.

Saat ini kata dia, pihaknya masih mempelajari hal tersebut. Nanti dirinya akan menghadap ke DPP. "Kita pelajari dulu, baru kita ke DPP," sebutnya.

Lalu bagaimana dengan kader di Kerinci, mengingat saat ini mulai terpecah, sebagiannya sudah merapat ke pasangan Monadi-Edison dan begitu juga sebaliknya ke Zainal-Arsal? SAH mengatakan masih masih mempelajari terkait dukungan tersebut terlebih dulu.

"Untuk kader di Kerinci harap menunggu dulu, nanti apapun keputusan dari DPP tetap kita ikuti," jelasnya.

Lebih jauh SAH mengatakan, jika dirinya tidak mengetahui jika salah satu kadernya tersebut bakal maju di Pilkada Kerinci. Selain itu kata SAH, Arsal juga tidak pernah berkomunikasi soal niatannya maju di perebutan BH 1 DZ di bumi Sakti Alam Kerinci.

"Beliau tidak pernah berkomunikasi soal mau maju, begitu juga mekanisme partai tidak juga diikuti. Tahu-tahunya sudah berpasangan. Yang jelas DPD Gerindra sudah memberikan dukungan sesuai mekanisme partai," sebutnya.

Terpisah, Bacabup Kerinci Monadi mengaku jika ini merupakan ranahnya partai. "Saya tidak ingin mencampuri urusan ini, ini kan ranahnya partai. Kita tunggu saja," katanya,

Saat ini kata dia, dirinya fokus terhadap pencalonannya, mengingat tahapan Pilkada sudah berjalan. Apalagi hari ini ia akan menjalani tes kesehatan di RSUD Raden Mattaher Jambi.


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments