Rabu, 19 Mei 2021

Februari, Pemkot Jambi Gelar Car Free Night


Rabu, 24 Januari 2018 | 22:26:36 WIB


Walikota Jambi Sy Fasha
Walikota Jambi Sy Fasha / metrojambi.com

JAMBI - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi akan menjadikan kawasan Taman Pedestrian Kotabaru, Kota Jambi, menjadi kawasan car free night. Rencana tersebut bertujuan untuk mendukung para pelaku UMKM di Kota Jambi, agar tumbuh dan berkembang serta dapat menjadi salah satu bentuk hiburan di tengah masyarakat.

Apalagi saat ini, taman pedestrian jomblo sudah lebih indah dengan tampilan Tugu Keris Singinjai yang baru saja diresmikan pembangunannya oleh Walikota Fasha pada saat pergantian tahun 2018 lalu.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan, car free night tersebut akan mulai diberlakukan pada bulan depan dengan menghadirkan berbagai macam komunitas dan kesenian yang ada. “Car free night nanti akan mulai kita berlakukan pada tanggal 10 di bulan Februari pada setiap Sabtu malam Minggu nanti,” ujar Fasha, Rabu (24/1/2018).

Dihadirkannya car free night ini, lanjutnya, sebagai wujud dari Pemkot Jambi untuk menghadirkan hiburan bagi masyarakat Jambi. Selain itu sebagai upaya untuk membuka peluang usaha bagi warga Kota Jambi.

“Car free night ini nanti jalan akan ditutup seperti pada saat car free day, dan dimulai pada jam enam sore hingga jam 11 malam,” jelas Fasha.

Selain itu, untuk memberikan fasilitas lainnya bagi para pedagang yang hadir pada car free night tersebut, pihak Pemkot akan menyediakan dua tempat titik arus listrik. “Bagi masyatakat boleh berdagang, tetapi tidak boleh menempati pedestrian, tetapi di halaman kantor atau jalan kantor,” katanya.

Dengan adanya hal ini di Kota Jambi, kawasan tersebut menjadi referensi bagi masyarakat Kota Jambi bersama keluarga dan orang terdekat untuk sekedar melepas lelah sambil bercengkrama dengan fasilitas yang disuguhkan oleh Pemerintah Kota Jambi.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Shaleh Ridho, mengatakan bahwa pihaknya akan mempersiapkan pengalihan arus yang melewati Bundaran Tugu Keris Siginjai.
Pihaknya sudah bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan pengamanan serta pengalihan arus lalu lintas selama car free night.

"Kami sudah berkoordinasi dan sudah mempersiapkan arus lalu lintas," katanya.
Dikatakan Shaleh, pemerintah juga sudah mempersiapkan titik-titik parkir bagi para pengunjung car free night. Sehingga nantinya para pengunjung dapat lebih tertib.

"Titik parkir sudah kita siapkan yaitu ada di gedung-gedung pemerintahan yang ada di Kota Baru," pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments