Sabtu, 22 September 2018

Edi Purwanto Tegaskan PDIP akan Kembalikan Biaya Survei


Minggu, 28 Januari 2018 | 22:06:24 WIB


ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto
ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto / metrojambi.com

JAMBI - Pasca batal mendapatkan dukungan partai politik untuk diusung di Pilkada Kerinci, sejumlah kandidat mulai bereaksi menuntut pengembalian sejumlah dana yang diketahui merupakan uang survei. Tuntutan tersebut bukannya tanpa dasar, karena memang sudah sesuai dengan komitmen awal.

“Itu komitmen awal, bagi yang tidak didukung maka uang survei akan dikembalikan,” kata Fadli Sudria, mantan Bacabup Kerinci pada metrojambi.com, Minggu (28/1/2018).

Fadli menyebutkan, pengembalian biaya survei kepada kandidat yang tidak diusung merupakan komitmen bersama partai Golkar dan PDIP. “Bagaimana partai mau memenangkan calon, jika hal sekecil ini saja tidak komit,” sesal Fadli.

Hal senada juga disampaikan H. Tafyani Kasim (HTK). Menurutnya, itu merupakan komitmen awal saat mendaftar. Jika tidak diusung, kata HTK, maka uang survei harus dikembalikan.

“Ya, itukan janji mereka dan hak bagi kandidat yang bayar dan tidak diusung atau terpilih diharapkan mereka bayar agar tidak timbul permasalahan yang berakibat kepercayaan masyarakat ke partai,” kata HTK pada metrojambi.com.

Dikonfirmasi terkait persoalan ini, Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto, mengatakan sebelumnya pihaknya dan juga DPP memang menginstruksikan DPC PDIP Kerinci melakukan survei untuk penjaringan dan penyaringan calon. Dikatakan Edi, mekanisme tentang biaya survei diserahkan sepenuhnya kepada DPC partai dengan semangat gotong royong.

Terkait adanya kesepakatan antar DPC dengan bakal calon untuk membangun komitmen akan mengembalikan biaya survei kepada kandidat yang tidak diusung, Edi mengatakan pihaknya juga sudah mengkonfirmasi hal tersebut. Dikatakan Edi, pihak DPC partai membenarkan adanya komitmen tersebut.

“DPD partai sudah mengkonfirmasi ke DPC partai, bahwa hal tersebut dibenarkan dan akan segera dikembalikan,” tegas Edi.

Mantan wakil ketua DPRD Provinsi Jambi itu menambahkan, PDIP tidak pernah bicara mahar politik, karena siapa yang diusung memang telah lolos fit and proper Tes, psikotes. Kemudian berkomitmen menegakkan 4 pilar kebangsaan.

“Pemahaman akan Trisakti dan Nawacita Jokowi serta survei menjadi indikator seseorang untuk diusung sebagai Cakada,” pungkasnya.


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments