Jumat, 21 September 2018

Satu Ranperda Ditolak DPRD Merangin


Selasa, 13 Maret 2018 | 10:34:39 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MERANGIN-Satu dari lima Ranperda yang diusulkan Pemkab Merangin ditolak oleh DPRD Merangin. Penolakan tersebut disampaikan oleh enam fraksi di DPRD Merangin pada paripurna dengan agenda pendapat akhir fraksi, Senin (12/3).

Wakil Ketua DPRD Merangin, Fauzi Yusuf yang memimpin sidang mengatakan, setelah penyampaian fraksi-fraksi, dari lima Ranperda yang diusulkan Pemkab satu ditolak sementara empat lainnya diterima menjadi perda.

“Dari lima ranperda yang diusulkan Pemkab, satu Ranperda tidak bisa kita jadikan Perda. Yakni Ranperda tentang tata cara pembentukan, penghapusan, penggabungan, dan perubahan status desa menjadi kelurahan, kelurahan menjadi desa serta perubahan status desa menjadi desa adat,” kata Fauzi Yusuf.

Sementara empat ranperda yakni, Ranperda perlindungan pengelolaan Lingkungan Hidup, Ranperda tentang Bantuan hukum bagi masyarakat miskin, Ranperda tentang perlindungan dan pengelolaan taman bumi (geopark), Ranperda tentang Badan Permusyawaratan Desa disetujui dan menjadi perda.

Selain empat ranperda tersebut yang disahkan menjadi perda. Satu ranperda inisiatif DPRD Merangin, yaitu Ranperda tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan juga disahkan menjadi perda. Total ada lima ranperda yang disahkan menjadi perda pada paripurna kali ini.

Pjs Bupati Merangin, Husairi dikonfirmasi usai rapat paripurna tak mempermasalahkan ditolaknya satu dari lima ranperda ranperda yang mereka usulkan.
“Kami mengusulkan ada lima ranperda. Dan Ranperda tentang pemerintahan desa tidak disetujui, sebab takut bertentangan dengan perturan yang lebih tinggi. Itu tidak jadi masalah,” katanya.

Katanya, paripurna kali ini ada lima ranparda yang dijadikan perda. Yakni empat perda usulan pemkab dan satu ranperda inisiatif DPRD Merangin.
“Dengan disetujuinya lima Ranperda menjadi Perda, semoga program kerja yang telah disusun bisa berjalan lancar karena telah mempunyai payung hukum yang kuat,” harap Husairi.

Husairi juga mengharapkan, kerja sama yang sudah terjalin dengan baik antara pihak eksekutif dan legeslatif serta unsur lainnya tetap terjalin dengan baik demi kemajuan Kabupaten Merangin lebih baik lagi di segala bidang.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments