Selasa, 21 Agustus 2018

Terungkap di Dakwaan KPK, Penyerahan Uang dengan Modus Ganti Mobil


Rabu, 14 Februari 2018 | 13:19:29 WIB


Ketiga terdakwa yang hendak menjalani persidangan
Ketiga terdakwa yang hendak menjalani persidangan / Sahrial

JAMBI- Tiga tersangka kasus suap RAPBD Provinsi Jambi 2018, Erwan Malik, Arpan, Saipuddin, hari ini, Selasa (14/02/2018)  menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jambi, dengan agenda pembacaan surat dakwaan dari jaksa penuntut umum KPK.

Dalam surat dakwaan Erwan Malik, terungkap bagakmana penyerahan uang Rp 5 miliar dari pengusaha Aritonang alias Ahui. Sebelum uang itu diserahkan, ada pertemuan di rumah Arpan di jalan M Kukuh BTN Blok 3 No 03 RT 09/RW 011 Kelurahan Paal Lima, Kotabaru.

Pada hari itu Senin 27 November, Arpan bertemu Nusa Suryadi dan Ali Tonang, membicarakan bagaimana penyerahan uang Rp 5 miliar kepada Arpan. Dan disepakati Ali Tonang dengan modus menggunakan mobil Mitsubhisi Outlander milik Dheny Ivantriesyana Poetra yang diserahkan kepada Arpan, yang di dalamnya uang Rp 5 M.

Pada sore harinya sekitar pukul 16.30 WIB, Robert (pegawai Ali Tonang alias Ahui) memberitahu Nusa Suryadi supaya mengambil mobil Outlander di Alfamart di daerah simpang Ahok Kota Jambi.

Sekitar pukul 17.00 WIB, Nusa Suryadi bersama Sabri datang ke Alfamart dan menemui Ari Tonang. Kemudian Ali Tonang menyerahkan kunci mobil Outlander yang di dalamnya uang Rp 5 M kepada Nusa Suryadi.

"Setelah itu Ali Tonang meninggalkan Alfamart dengan diantar Sabri. Sedangkan mobil Mitsubhisi Outlander dibawa oleh Wahyudi Alpian Nizam dan Dheny Ivantriesyana Poetra," ungkap jaksa.

Selanjutnya, atas perintah Arpan mobil Outlander dibawa oleh Wahyudi dan Dheny ke rumah Wasis Sudibyo untuk membagikan  uang Rp 5 M ke dalam beberapa kantong plastik yang akan diberikan kepada seluruh perwakilan fraksi dengan besaran uang bervariasi sesuai dengan arahan Arpan dan Saipudin. 


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments