Kamis, 20 September 2018

Hasil Penelitian: Ibu Paling Banyak Mencari Susu di Google


Kamis, 22 Februari 2018 | 13:54:39 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAKARTA-Analis industri Google Indonesia Ariani Dwijayanti mengatakan informasi mengenai produk-produk bayi terutama susu merupakan hal yang paling banyak dicari ibu dalam mesin pencari Google.

"Kalau dilihat volume paling banyak dicari adalah susu, ibu paling banyak mencari susu karena tidak mau salah pilih," kata dia, di Jakarta, Kamis.
Berdasarkan penelitian Google bersama Kantar Worldpanel, sebanyak 69 persen masyarakat Indonesia yang terkoneksi internet melakukan pencarian mengenai produk-produk kebutuhan bayi secara daring.

Keputusan membeli produk-produk kebutuhan bayi lebih didorong oleh kebutuhan, daripada penawaran promosi dari produk tertentu.

Ariani mengatakan pencarian produk untuk bayi melalui internet rata-rata dilakukan selama sepekan, tetapi prosesnya terus berlanjut hingga beberapa menit sebelum pembelian.

Topik yang paling banyak dicari adalah harga termurah, informasi produk dan ulasan produk oleh orang lain yang telah menggunakan produk dari merek yang diinginkan.

Sebagian besar masyarakat Indonesia setia kepada merek yang diinginkan dari awal, yakni sebanyak 91 persen membeli produk dari merek yang diinginkan dan 89 persen memilih membeli merek yang sama untuk pembelian berikutnya.

Setelah menggunakan produk tertentu, sebanyak 37 persen pembeli akan menulis ulasan tentang produk dan 30 persen merekomendasikannya kepada orang lain.

Selain mencari mengenai produk-produk kebutuhan bayi, para ibu mencari mengenai produk untuk sehari-hari seperti sabun dan sampo, tips mendidik anak, resep masak, tips kecantikan serta video-video hiburan.

"Selain tentang mendidik anak, dia juga mencari resep masak. Kemudian hiburan, karena ibu juga membutuhkan hiburan apalagi yang sibuk, mereka tetap butuh 'me time'," kata Ariani.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments