Kamis, 20 September 2018

Belajar Bencana Alam, Siswa SD IT Nuril Kunjungi BPBD Jambi


Kamis, 08 Maret 2018 | 10:57:11 WIB


Siswa SD IT Nurul Ilmi Unit 2 saat mengikuti simulasi penanganan bencana banjir di kantor BPBD Jambi (2)
Siswa SD IT Nurul Ilmi Unit 2 saat mengikuti simulasi penanganan bencana banjir di kantor BPBD Jambi (2) / Jainal Abidin

JAMBI - Siswa- siswi Kelas III SD Islam Terpadu (IT) Nurul 'Ilmi (Nuril) unit 2 Kota Jambi, belum lama ini melakukan kunjungan edukasi, ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Provinsi Jambi.

Kunjungan ini untuk memperkenalkan siswa kantor BPBD provinsi dan tugas pokok fungsi kantor tersebut, serta meningkatkan wawasan dan pengalaman siswa tentang alam termasuk bencana alam yang ada didalamnya.

Kepala SD IT Nuril Unit 2, Tatang Suhandar mengatakan, kunjungan ini merupakan pengembangan dari mata pelajaran yang sebelumnya diajarkan di kelas, sesuai tema pembelajaran Kurikulum 2013, tema penanggulangan bencana banjir.

"Selama ini anak hanya mendengarkan dari guru di kelas, dengan kunjungan edukasi ini siswa belajar langsung di lapangan," ujarnya, Rabu (7/3) kemarin.
Selama kunjungan edukasi tersebut, siswa diberikan pengetahuan dan pengarahan oleh Kepala BPBD, bagaimana menanggulangi korban bencana banjir menggunakan perahu ampibi atau karet, memberikan bantuan, hingga memberikan pertolongan selama di tenda, serta menyediakan dapur umum bagi korban.

"Minimal pengetahuan ini jadi bekal untuk diri mereka, ketika terjadi bencana tidak panik dan bisa menyelamtkan diri," jelasnya.

Siswa juga diajak langsung melakukan simulasi kecil, dengan menaiki perahu ampibi, yang biasanya digunakan petugas BPBD menyelamatkan korban bencana
banjir, dan merasakan langsung makanan selama di tenda pengungsian. "Biasanya selama di tenda bahan makanan hanya mie instant. Ternyata, siswa menikmati makan mie," ungkapnya.

Tatang menyebutkan, kegiatan ini bertujuan mengajarkan kepada siswa dan menambah wawasan serta pengalaman seperti apa bentuk evakuasi di lapangan.
Kunjungan ini sendiri disambut antusias siswa. Ini terlihat dari pertanyaan yang disampaikan, dan semangat ketika mengikuti simulasi di kantor BPBD Jambi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments