Sabtu, 22 September 2018

Ini Keganjilan Selebaran yang Menyebutkan Al Haris Nikahi Perempuan Bernama Syurkianih


Minggu, 11 Maret 2018 | 16:06:36 WIB


Selebaran yang menyebutkan calon bupati Merangin, Al Haris, telah menikahi petempuan bernama Syurkianih
Selebaran yang menyebutkan calon bupati Merangin, Al Haris, telah menikahi petempuan bernama Syurkianih / Metrojambi.com

BANGKO - Calon bupati Merangin, Al Haris, dalam beberapa hari belakangan ini dihantam isu miring yang beredar luas di media sosial (medsos). Calon petahana itu disebutkan telah menikahi seorang pwrempuan bernama Syurkianih Sinta Sosih.

Kabar tersebut beredar lewat selebaran yang disebar melalui medsos. Dalam selebaran tersebut tertulis Al Haris pada tanggal 20 Agustus 2011 telah melangsungkan akad nikah secara sah menurut syariat agama Islam, dengan seorang Perempuan yang bernama Syurkianih Sinta Sosih, di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Direktur Media Center Al Haris-Mashuri (Hamas), Damsir Karim, memegaskan jika selebaran tersebut adalah fitnah untuk pasangan Hamas, khususnya bagi Al Haris. Bahkan Damsir membeberkan banyak terdapat keganjilan pada selebaran tersebut.

"Kenapa saya pastikan itu fitnah, karena selebaran itu jelas sekali terlihat rekayasanya. Dalam selebaran itu tercantum Al Haris lahir tahun 1990, padahal beliau lahir tahun 1973," beber Damsir saat dikonfirmasi metrojambi.com, Minggu (11/3/2018).

Selain itu, kata Damsir, sesuai dengan kop surat, terlihat jika surat tersebut dikeluarkan oleh kantor catatan sipil. Namun tanda tangan dan stempel oleh Kementerial Agama (Kemenag), dalam hal ini Kantor Urusan Agama (KUA).

"Berdasarkan Leraturan Penerintah Nomor 9 tahun1975, yang merupakan aturan pelaksana dari Undang-Undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan, sudah jelas dibunyikan bahwa pencatatan perkawinan bagi yang muslim itu dikeluarkan oleh Kementerian Agama, sedangkan yang non muslim dikeluarkan oleh Dinas Catatan Silpil. Bukan tumpang tindih seperti itu," beber Damsir.


Penulis: Tim
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments