Kamis, 20 September 2018

Empat Mata Pelajaran Diujicobakan SMA Adhiyaksa I


Senin, 12 Maret 2018 | 13:59:26 WIB


Try Out di SMA Adhyaksa I Kota Jambi
Try Out di SMA Adhyaksa I Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI-SMA Adhyaksa I Kota Jambi selama 2 hari lalu, 7 dan 8 Maret mengelar ujian Try Out (TO) bagi siswa kelas XII yang akan menghadapi UNBK 9 April mendatang. Tujuannya untuk melihat batas kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang telah dibahas dari Kelas X hingga XII.

Kepala SMP Adhyaksa I, Juhaldi, menyebutkan, pelaksanaan TO di sekolahnya baru pertama kali diselenggarakan dengan melibatkan lembaga pendidikan yang membantu dalam penyusunan soal ujian dan dalam pelaksanaan TO berlangsung.

"Kita rutin setiap tahun dalam menyelenggarakan TO selalu bekerjasama dengan Lembaga Primagama," katanya.

Dalam pelaksanaan TO, sekolah mengujikan 4 mata pelajaran pokok yang diujinasionalkan, yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.

"Kalau IPA pilihannya Kimia, Fisika, dan Biologi, sedangkan IPS pilihannya Ekonomi, Sejarah, dan Geografi," pungkasnya.

Selain itu pelaksanaan TO di sekolah Yayasan milik Kejaksaan Tinggi Jambi ini, dibagi 4 sesi ke dalam 2 ruangan ujian ini telah menggunakan sistem komputerisasi, siswa mengerjakan soal mengunakan komputer sehingga hasil ujian siswa langsung diketahui, dan dapat mengevalusi dengan memperbaiki kekurangan nilai pada mata pelajaran yang diujikan selanjutnya.

"Siswa IPA masuk dari jam 08.00 WIB hingga 12.00 WIB, sedangkan IPS dari pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB," paparnya.

Menurut Juhaldi, pelaksaan TO untuk melihat kemampuan siswa dalam menyerap mata pelajaran sebelumnnya, sehingga nantinya dalam menghadapi UNBK tidak menemukan kendala dalam menyelesaikan soal, dan mendapat hasil yang memuaskan.

Untuk mengantisipasi tersebut, sekolah memberikan pelajaran tambahan setiap hari usai kegiatan belajar, dengan mengerjakan kisi- kisi soal UN dan membahas secara bersama di kelas.

"Terutama materi pelajaran yang belum dikuasai," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments