Minggu, 23 September 2018

Kerap Banjir, Dinas PU Cek Penyebab Banjir di Sungai Penuh


Selasa, 13 Maret 2018 | 10:21:01 WIB


Sampah menumpuk dalam drainase penyebab banjir Sungai Penuh
Sampah menumpuk dalam drainase penyebab banjir Sungai Penuh / Dedi

SUNGAIPENUH - Curah hujan yang tinggi melanda Kota Sungai Penuh akhir-akhir ini mengakibatkan beberapa titik di sudut kota tergenang banjir. Diantaranya di ruas Jalan Depati Parbo tepatnya di SMAN 2, Kincai Plaza dan beberapa ruas jalan lainnya.

Hal ini dikeluhkan oleh masyarakat dan para pedagang di Kincai Plaza. Walikota Sungaipenuh, Asafri Jaya Bakri (AJB) mendapat informasi tersebut langsung menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Sungai Penuh, untuk mengecek penyebab banjir di sejumlah titik di Kota Sungaipenuh.

Berdasarkan pantauan di lapangan yang dilakukan oleh Dinas PUPR, terjadinya banjir di wilayah tersebut diakibatkan sejumlah drainase di Kota Sungai Penuh tidak berfungsi, karena banyak sampah menumpuk di dalamnya.

Selain membersihkan sampah dari dalam drainase, Dinas PU Sungai Penuh juga menjebol drainase yang baru dibangun di sekitaran Lapangan Merdeka Sungai Penuh.

Hal ini dilakukan karena drainase dari lapangan merdeka tersebut tidak berfungsi atau buntu, menyebabkan air meluap ke badan jalan dan masuk ke dalam Kincai Plaza.

"Ada sebagian drainase tidak berfungsi dikarenakan tersumbat oleh sampah seperti drainase di Simpang Panik dan Jalan Muradi," sebut Kadis PU Sungaipenuh, Martin.

Kadis PUPR itu juga menjelaskan bahwa bukan saja sampah yang memenuhi saluran drainase tetapi ada juga pemasangan kabel fiber optik oleh Telkom yang mengakibat saluran air menjadi tersendat sehingga mengakibat banjir di ruas jalan tersebut.

"Sudah beberapa hari ini kita sudah berusaha membersihkan drainase tersebut dari sampah," ungkapnya.

Ia juga mengajak agar masyarakat tidak membuat sampah sembarangan apalagi di saluran drainase dapat menyebabkan air yang mengalir menjadi tersumbat sehingga mengakibatkan terjadinya genangan air di beberapa ruas jalan di Kota Sungai Penuh.

Salah satu warga Sungaipenuh mengatakan drainase yang baru dibangun di Lapangan Merdeka yang dikeluhkan warga dan pedagang beberapa bulan terakhir ini sudah dijebol PU Kota.

"Iya, drainase itu buntu, jadi air tidak bisa mengalir, makanya air keluar ke jalan dan masuk ke Kincai Plaza," katanya.

'Semoga dijebolnya drainase tersebut, air dapat mengalir dengan baik dan tidak meluap lagi dari drainase," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments