Sabtu, 15 Desember 2018

KPU Kerinci Resmi Tetapkan DCT, Empat Bakal Caleg Gugur


Kamis, 20 September 2018 | 22:35:54 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci secara resmi telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten Kerinci untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. DCT yang ditetapkan berjumlah 328 orang.

“Kita sudah menggelar pleno untuk penetapan DCT Pileg 2019. DCT yang kita tetapkan berjumlah 328 orang,” kata Ketua KPU Kabupaten Kerinci Afdhal saat dikonfirmasi, Kamis (20/9).

Ditambahkan Afdhal, DCT yang ditetapkan berkurang dari jumlah Daftar Calon Sementara (DCS), yang berjumlah 332 orang. Afdhal menyebutkan, berkurangnya jumlah DCT karena ada yang mengundurkan diri dan tidak melengkapi persyaratan, sehingga dinyatakan gugur.

Dikatakan Afdhal, ada tiga orang bakal caleg yang mengundurkan diri yakni Mesa Sentia dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk dapil 3, Sarwendah dari Partai Berkarya untuk dapil 4, dan Hendra Donel dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk dapil 2.

"Caleg yang mengundurkan diri ini ada yang karena pindah keluar Kerinci, dan ada yang beralasan tidak sanggup menjadi caleg," beber Afdhal.  

"Namun untuk Mesa diganti dengan Lusi. Karena apabila tidak diganti maka untuk perwakilan perempuan PKB tidak mencukupi," ujarnya lagi.

Sementara itu Asril dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), gugur karena tidak melengkapi persyaratan. Berdasarkan masukan dan laporan dari masyarakat, Asril diketahui merupakan mantan narapidana.

"Pak Asril tidak melengkapi syarat. Seharusnya dia dia melengkapi syarat dengan melampirkan surat salinan keputusan dari pengadilan, surat dari lembaga pemasyarakayan, pengumuman di media, dan surat dari pempred bahwa sudah diumumkan. Namun sampai batas akhir perbaikan semua itu tidak dilampirkan,” ungkap Afdhal.

Adapun Pirdus dari Partai Perindo untuk dapil 5, gugur karena tidak menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai kepala desa (kades). “Pirdus ini merupakan seorang kades. Dia tidak menyerahkan surat pengunduran diri dan syarat tambahan lainnya,” pungkas Afdhal.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments