Sabtu, 18 Agustus 2018

Dana Hibah untuk KONI Jambi Terancam Tak Bisa Cair


Senin, 26 Maret 2018 | 10:53:09 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Persoalan dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi masih menggantung. Selain terancam tidak bisa cair dalam waktu dekat, dana tersebut kemungkinan akan mengancam berlangsungnya pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan berlangsung beberapa bulan mendatang.

Seperti diketahui, dana hibah ini belum sempat diteken oleh Erwan Malik semasa menjadi Plt Sekda. Dia keburu kena Operasi Tangkap Tangan (OTT) sebelum persoalan hibah ini diselesaikan.

Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto, enggan berkomentar banyak terkait dana hibah KONI ini. Dia mengatakan, dana tersebut akan cair. Saat ini sedang diurus oleh bagian keuangan.

"Tidak ada masalah, itu sedang diurus di keuangan. Bakal cair itu," singkatnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli ketika dikonfirmasi mengatakan memang KONI sudah mengajukan dana hibah. Namun, belum bisa dicairkan lantaran masih dikaji. Menurutnya, ada arahan dari berbagai pihak. Baik Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kita mesti hati-hati. Jangan sampai karena mau cepat, tapi nantinya salah-salah," katanya.

Pihaknya sedang mengkaji pengajuan yang diberikan oleh KONI. Jika memang memungkinkan, menurutnya tentu akan diberikan dan segera cair. Pada intinya, lanjut Zola semua harus berjalan sesuai prosedur.

Terkait dengan kegiatan Porprov yang mengandalkan dana hibah tersebut, Zola mengatakan tidak akan batal pelaksanaan Porprov. Karena untuk anggaran pelaksanaan Porprov tidak sepenuhnya berasal dari dana hibah Provinsi Jambi. Ada juga anggaran yang diberikan oleh Kabupaten Bungo dan Tebo.

"Saya pikir tidak akan pengaruh, tetap bisa berjalan. Kan Porprov tidak 100 persen dari Pemprov dananya, ada kabupaten Bungo dan Tebo juga," tutupnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments