Minggu, 19 Agustus 2018

Pembebasan Lahan Rel Kereta Api di Jambi Baru Dilakukan Tahun 2019


Kamis, 05 April 2018 | 10:41:17 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI-Sosialisasi, pembebasan lahan yang akan dijadikan sebagai trase rel kereta api hingga kini terus dilakukan oleh Dinas Peryubungan Provinsi Jambi dan kementrian perhubungan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra, secara program Jambi sudah termasuk dalam pembangunan rel kereta api penghubung Sumatera tersebut. “Progresnya saat ini tengah berlangsung,” katanya.

Kini tahapannya di Jambi adalah sosialisasi terkait pembebasan lahan. Sosialisasi ini difokuskan bahwa rel ini merupakan kepentingan bersama dan harus segera dilakukan pembangunan.

Untuk pembebasan lahan, Varial menyebutkan untuk di wilayah Provinsi Jambi secara teknis Dinas Perhubungan Provinsi Jambi siap membantu dan pembebasan lahan sudah bisa dilakukan.“Kementrian masih melakukan pembebasan di jalur Palembang-Betung, jadi kita menunggu giliran,” jelasnya.

Dijelaskan oleh Varial, kementrian menginginkan pembebasan lahan dilakukan secara simultan. Maksudnya pengerjaan dilakukan dengan menyelesaikan perjalur. Artinya, setelah satu jalur selesai baru dilakukan pengerjaan di jalur berikutnya. Menurut Varial, kementrian tidak ingin melakukan pengerjaan secara terpisah.

“Mereka tidak ingin ceplok-ceplok (banyak titik, red),” katanya.Dikatakan Varial lagi,  untuk pengerjaan dan pembebasan lahan di wilayah Jambi  akan dilakukan oleh kementrian perhubungan tahun 2019 mendatang. Ia mengatakan ini juga akan diusahakan untuk selaras dengan tol Sumatera. “Kita inginya seiring pengerjaanya, jadi sekalian kerja,” pungkasnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments