Rabu, 19 September 2018

SMA Xaverius 2 Upload Ulang Jawaban UNBK Siswa


Kamis, 12 April 2018 | 23:25:01 WIB


Kepala SMA Xaverius 2 Bimo Lukiyono
Kepala SMA Xaverius 2 Bimo Lukiyono / Zainal Abidin

JAMBI - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA telah berakhir, Kamis. Selama UNBK, sejumlah sekolah masih mengalami kendala jaringan internet atau listrik.

Kendala lainnya adalah, pengiriman atau upload jawaban ujian siswa ke pusat melalui internet. Seperti yang dirasakan SMA Xaverius 2 Kota Jambi.

Kepala SMA Xaverius 2, Bimo Lukiyono menyebutkan, kendala pengiriman jawaban siswa terjadi pada hari kedua UNBK dengan mata pelajaran matematika. Saat itu, sejumlah jawaban soal ujian tidak terkirim dan harus dikirim ulang.

"Saat itu, ada tujuh siswa kita jawabannya tidak terkirim. Setelah UNBK ini, kita akan upload atau kirim ulang," ujarnya.

Dijelaskannya, melalui informasi dari proktor di sekolahnya yang mendampingi selama UNBK, hal ini karena membludaknya sekolah yang mengirim jawaban, sehingga di pusat mengalami kendala penerimaan data dari masing-masing sekolah. "Rata-rata sekolah di Kota Jambi mengalami hal serupa," ungkapnya.

Menurutnya, selain soal upload jawaban, hingga hari terakhir pelaksanaan ujian semua berjalan lancar sesuai perencanaan sebelumnya, baik dari sarana prasarana yang disiapkan sekolah, maupun siswa Kelas XII yang mengikuti.

"Listrik dan internet di sekolah kita aman, komputer juga tidak bermasalah," bebernya.

Terkait ujian pilihan program kejuruan dihari terakhir UNBK, siswanya tidak banyak memilih mata pelajaran yang menguras otak atau hitungan, baik dari jurusan IPA maupun jurusan IPS.

"Kalau jurusan IPA memilih pelajaran Biologi, sedangkan jurusan IPS memilih pelajaran Sosiologi," jelas Bimo.

Tahun, peserta ujian dari SMA Xaverius 2, sebanyak 77 siswa Kelas XII. Mereka ditempatkan di 2 ruangan ujian, dibagi menjadi 2 sesi pelaksanaan, dan menggunakan 45 unit komputer yang telah disediakan.


Penulis: Zainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments