Minggu, 23 September 2018

15 Orang Akan Ikuti Fit and Proper Test Seleksi KIP

Tim Penguji Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi

Senin, 16 April 2018 | 10:48:55 WIB


/

JAMBI - Tahap akhir seleksi Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Jambi segera dilaksanakan. Peserta yang lolos tahap wawancara, akan dihadapkan pada tahapan fit and proper test di DPRD Provinsi Jambi.

Sabrianto, Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Jambi sekaligus sekretariat tim seleksi KIP Provinsi Jambi mengatakan, fit and proper test dijadwalkan dilaksanakan 23 dan 24 April mendatang.

Dijelaskannya, tahapan demi tahapan sudah dilewati peserta seleksi. Mulai dari seleksi bahan yang diikuti 65 orang, dinyatakan lolos sebanyak 58 orang. Kemudian mengikuti tes tertulis yang menyisakan 35 orang.

"Kemudian yang lolos tes tertulis ini mengikuti seleksi wawancara dengan Panitia Seleksi pada 15 Maret lalu," ujarnya.

Sabri mengatakan 35 orang yang terjaring ini mengikuti tahapan wawancara, dan hasilnya menyisakan 15 orang saja.
15 orang inilah yang akan mengikuti tahapan akhir nanti, yakni fit and proper test. Tahapan ini, akan diselenggarakan di DPRD Provinsi Jambi, tepatnya Komisi I. Tim penguji, berasal dari anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi.

"Nama-namanya sudah dikirim oleh Gubernur ke Komisi I DPRD Provinsi Jambi. Tim penguji semua dari Komisi I. Berapa orang yang menguji serta teknis lainnya diserahkan ke Komisi I DPRD Provinsi Jambi," ujarnya.

Fit and proper test yang diikuti 15 orang, akan mengambil lima orang dengan peringkat teratas untuk menjabat di KIP Provinsi Jambi. Teknisnya, akan diambil ranking 1-5 untuk dilantik. Sementara ranking 6-15 menjadi cadangan jika lima ranking teratas tidak bisa dilantik atau mundur.

Menurutnya, pengumuman hasil fit and proper test paling lambat keluar pada akhir April ini. Sementara pelantikan dilaksanakan pada awal Mei 2018.

KIP ini sendiri merupakan lembaga di bawah Diskominfo Provinsi Jambi. Pembiayaan KIP melalui APBD di Diskominfo. Untuk gaji para komisioner KIP Provinsi Jambi sendiri, bisa dikatakan cukup tinggi. Dimana, untuk ketua KIP Provinsi Jambi akan mendapatkan gaji sebesar Rp 6,5 juta setiap bulan. Sementara anggota menerima gaji Rp 6 juta perbulan. Masa jabatan komisioner KIP ini selama empat tahun.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments