Rabu, 19 September 2018

H Bakri: Akan Ada 100 Program P3-TGAI untuk Jambi


Senin, 16 April 2018 | 11:00:35 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan salah satu kegiatan dari Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM).

P3-TGAI merupakan lanjutan dari Program P4-ISDA yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan sekarang berganti nama menjadi P3-TGAI. Walaupun berganti nama, namun maksud dan pelaksanaannya hampir sama.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat Petani Pemakai Air (P3A) dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kemandirian," kata H Bakri, anggota DPR RI dapil Provinsi Jambi, Senin (16/4/2018).

Politisi PAN yang saat ini duduk di Komisi V DPR RI itu menambahkan, tahun ini ada 100 program P3-TGAI di Provinsi Jambi, yang tersebar di 38 kecamatan di 9 kabupaten dalam Provinsi Jambi. Dananya lebih kurang Rp 178 juta untuk setiap irigasi.

"P3-TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan," terang H Bakri.

Plt ketua DPW PAN Provinsi Jambi itu juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan dimana masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi kecil di bawah 150 hektare dengan melibatkan langsung P3A.

Selain itu juga, 100 program P3- TGAI yang dikucurkan pemerintah, merupakan aspirasi dari masyarakat yang disampaikan kepada anggota DPR RI di Komisi V.

"Program ini murni dari pemerintah pusat, yang di setujui oleh DPR RI, terutama Komisi V," pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments