Rabu, 19 September 2018

ASUS Hadirkan Zenfone Generasi Kelima


Senin, 23 April 2018 | 22:48:00 WIB


Launching ASUS ZenFone 5Q
Launching ASUS ZenFone 5Q / metrojambi.com

JAKARTA - ASUS Indonesia mengawali debut seri ZenFone 5 atau generasi ke lima dengan menghadirkan salah satu varian dari lini produk tersebut. Hadir dengan nama ASUS ZenFone 5Q, smartphone yang punya desain elegan seperti varian flagship ASUS terdahulu, smartphone yang dihadirkan kali ini menitik beratkan pada kemampuan memotret wide angle.

Benjamin Yeh, Regional Director ASUS South East Asia mengataka, jika pada generasi sebelumnya ASUS hanya menyediakan kamera utama dengan satu tambahan lensa wide baik di depan atau di belakang, pada seri terbaru ini ASUS menghadirkan terobosan. ASUS menyediakan masing-masing tambahan kamera dengan lensa wide, baik di bagian depan ataupun di bagian belakang dan bisa didapatkan dengan harga Rp. 3.499.000.

Dikatakannya, ZenFone 5Q menyingkirkan keterbatasan terkait kreativitas dalam fotografi. Dengan kamera resolusi tinggi, 20MP di depan dan 16MP di belakang, keduanya dilengkapi kamera tambahan 120o.

"Yang menarik, tidak seperti metode kompetitor, tiap kamera pada ZenFone 5Q bekerja secara independen untuk menghadirkan foto yang sempurna,” ucapnya.

Smartphone berlayar IPS 6 inci resolusi FullHD + dengan display full view ini diungkapkan Benyamin, mempunyai aspect ratio kekinian 18:9 dan menawarkan bezel ultra tipis.

Tipisnya bezel tersebut membuat ZenFone 5Q mudah dikantongi di dalam saku bagaikan smartphone berukuran layar 5,5 inci biasa. Diperkuat oleh Qualcomm Snapdragon 630 Mobile Platform, ZenFone 5Q mengombinasikan performa luar biasa, baterai 3.300mAh dan juga keamanan tingkat tinggi serta fitur yang menghadirkan kenyamanan. Mulai dari NFC, face unlock kecepatan tinggi, sensor sidik jari dan fitur dual SIM.

"Didesain khusus untuk pecinta foto, ZenFone 5Q memiliki fitur yang sangat menarik yakni menjadi smartphone pertama di dunia dengan sistem empat kamera yang keempatnya berfungsi secara penuh dan bisa bekerja secara independen. Setiap kamera utamanya, yakni kamera Sony 20MP di bagian depan dan kamera 16MP di bagian belakang, masing-masing ditemani oleh kamera wide angle 120o di belakang," katanya.

Konfigurasi empat kamera seperti ini menghadirkan sudut pandang yang 2 kali lipat lebih luas dibandingkan dengan lensa standar. Artinya, pengguna bisa lebih leluasa untuk berkreasi dan mengambil foto dengan sangat luas.

“Dibandingkan dengan konfigurasi empat kamera dari kompetitor, kamera sekundernya biasanya hanya bekerja untuk membantu kamera utama. Misalnya untuk menghadirkan efek khusus,” sebut Benjamin.

Pada ZenFone 5Q, keempat kamera bisa digunakan secara individual, meniadakan batasan kreativitas dan menyediakan kebebasan untuk pengguna mendapatkan foto yang paling tepat.

"Dengan hadirnya pilihan foto standar atau ultrawide, baik di depan ataupun di belakang, ZenFone 5Q membuat pengambilan foto selfie, wefie, landscape, portrait ataupun group shot menjadi sangat leluasa," tegasnya.

Selain itu, ZenFone 5Q juga menyediakan fitur ASUS Beauty Life, sebuah teknologi live-beautification dengan dukungan live-streaming video untuk Facebook, YouTube, Twitter, Instagram dan platform media sosial lainnya. Pengguna bisa memilih berbagai opsi peningkatan penampilan. Mulai dari menghapus noda di wajah, sampai mengubah warna kulit secara real-time.

Lanjut Benyamin, ZenFone 5Q diperkuat oleh Qualcomm Snapdragon 630 Mobile Platform dengan RAM sebesar 4GB untuk menghasilkan performa CPU dan GPU yang mumpuni.

Efisiensi energi yang baik yang dimiliki oleh teknologi prosesor 14 nanometer FinFET Low Power Plus miliki  Qualcomm Snapdragon 630 Mobile Platform, dikombinasikan dengan baterai 3.300mAh menawarkan standby time hingga 24 hari, talk time hingga 30 jam, bahkan memutar musik hingga 4 hari nonstop.

Tak hanya itu, untuk performa jaringan yang tinggi di dalam berbagai situasi, ZenFone 5Q mendukung kecepatan download 4G LTE hingga 400Mbps dan hingga 75Mbps untuk kecepatan upload.

Ada 3 slot yang disediakan ASUS pada smartphone ini. Dua slot untuk micro SIM card yang mendukung 4G LTE dan juga sebuah micro SD slot. Untuk jaringan WiFi, ia mendukung dual band 802.11ac.

Untuk akses cepat dan memudahkan ke sistem operasi, ZenFone 5Q memiliki fitur Rapid Face-Unlock Technology yang sangat ideal untuk membuka kunci saat jari sedang basah ataupun kotor. Ia bisa dnegan cepat membuka pengunci smartphone dan juga mencegah orang yang tidak berkepentingan melihat notifikasi yang muncul di lock-screen. Ada pula sensor sidik jari di bagian belakang yang mampu membuka kunci dengan sangat cepat hingga hanya dalam 0,3 detik.

Dari sisi layar, ZenFone 5Q menawarkan dimensi sebesar 6 inci namun ukuran totalnya dibuat kompak bagaikan smartphone 5,5 inci biasa. Ini dimungkinkan karena layar Full View Display yang tersedia mendukung rasio aspek 18:9 dengan bezel ultra tipis. Layar FullHD+ 2.160 x 1.080 pixel yang disediakan juga menampilkan akurasi warna yang baik. Ini sangat penting bagi para pecinta foto.

Format layar yang lebar ini juga menyediakan tampilan yang luas untuk apapun. Dengan dukungan terhadap fitur 18:9 terbaru seperti ‘zoom-to-fill’ milik YouTube, video dan film dapat ditayangkan dengan sempurna.

Adapun layar lebarnya juga sangat bermanfaat ketika digunakan untuk menjalankan dua aplikasi secara bersebelahan dalam orientasi landscape atau menumpuknya dalam orientasi portrait.

"ZenFone 5Q dibuat secara presisi dan akurat. Tambahan panel 2.5D contoured glass di bagian depan dan belakang melengkapi kesan mewah yang dihadirkan. Kemewahan penampilan juga disempurnakan oleh penggunaan optical coating pada bagian depan dan belakang case. Di Indonesia smartphone ini hadir dalam pilihan warna Midnight Black dan Moonlight White," pungkasnya.


Penulis: Sharly/Budi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments