Minggu, 22 September 2019

Tarian Mirip Ngagah Harimau Beredar, Ini Videonya...


Jumat, 27 April 2018 | 10:32:17 WIB


/

KERINCI - Sanggar Seni Telaga Biru, Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci tidak terima adanya warga lain yang menjiplak Tarian Ngagah Harimau Pulau Tengah.

Menurut Keterangan Jores Saputra, Ketua Sanggar Seni Telaga Biru Pulau Tengah, belum lama ini beredar video adanya warga Muara Bulian yang menari tarian Ngaum Harimau yang liriknya sama dengan lirik tari Ngagah Harimau.

"Video ini beredar bulan Maret lalu. Tarian memang beda, tapi liriknyo samo. Kami tidak terima itu," kata Jores, Kamis (26/4/2018).

Selain itu, lanjut Jores, di media sosial (Medsos) yakni di Instagram juga ada akun atas nama Sanggar Tari dan Silat Sakti Alam Barajo yang memposting menawarkan sungguhan tarian Ngagah Harimau, Silat Harimau Kumbang, Tari Asyek dan Tarian Kebudayaan yang telah lama.

"Mereka membuka carteran untuk seluruh Indonesia, kami siap meramaikan cara kalian dengan penampilan yang spektakuler. Sedangkan lokasi sanggar di Batanghari Muara Bulian," tulisnya di Instagram.

"Tarian Ngagah Harimau yang diposting akun Instagram bukan kita yang akan tampil disana," sebut Jores.

Dikatakan Jores, Tarian Ngagah Harimau ini adalah tradisi dari Pulau Tengah, Keliling Danau, Kerinci yang diciptakan oleh Harun Pasir yang mana setiap kata di dalam parno dan lirik lagunya memiliki makna yang luar biasa.

"Tolong jangan sembarangan, karena Tari Ngagah Harimau sudah diakui oleh Indonesia dengan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Jadi kepada pihak tersebut jangan anda permainan budaya kami," ujarnya. 


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments