Jumat, 17 Agustus 2018

Perekonomian Jangan Tergantung Sumber Daya Alam

Bekraf Konsisten Tingkatkan Tata Kelola Administrasi

Senin, 14 Mei 2018 | 11:41:53 WIB


Anggota Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH)
Anggota Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH) / Rina

JAMBI – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berhasil membawa pelaku usaha meningkatkan serta cara mengelola sistem manajemen keuangan dan mandiri, khususnya pelaku usaha di Kota Jambi.

Hal tersebut dikatakan anggota Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH) saat mengikuti acara Bekraf, di Hotel Aston, Sabtu (12/5)."Ini merupakan momentum penting dan bermanfaat bagi pelaku usaha, bahwa dunia usaha yang kita miliki harus punya tahapan-tahapan dan permodalan dalam perbankan," ujar Sutan Adil Hendra.

SAH mengatakan, dengan adanya Bekraf, diharapkan dapat membantu perekonomian Jambi dan tidak tergantung pada sumber daya alam.
"Selain sektor sumber daya alam yang kita miliki, kita bisa mandiri dengan adanya usaha-usaha produk, bagaimana cara kita memasarkan produk tersebut agar bisa dikenal masyarakat, dan bagaimana kita harus tingkatkan UKM tanpa mengandalkan sumber daya alam," jelasnya.

Politisi Gerindra ini juga menghimbau kepada peserta khususnya pelaku usaha yang hadir, agar terus meningkatkan usahanya, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran.

"Contoh nyata si pengusaha raja cendol yang berhasil karena memiliki tata kelola administratif baik. Serta butuhnya komitmen sehingga berpengaruh konsistensi bagi pelaku usahanya," ujarnya.

Dengan adanya pelatihan ekonomi kreatif, lanjut SAH, kita tahu bagaimana memoles usaha dengan baik dalam meningkatkan UKM, dan cara mengelola akses permodalannya.

"Ini menjadi sesuatu langkah dari pelaku usaha untuk kelas keuangan UKM kreatif di Jambi dan tidak ada lagi alasan bahwa kita tidak mempunyai semangat, karena ini pelatihan bagaimana mengelola manajemen keuangan dengan baik," ungkapnya.

Untuk diketahui, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementrian yang bertanggungjawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu pemerintah merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual,desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments