Kamis, 16 Agustus 2018

Paripurna HUT Pemkot Jambi Berlangsung Khidmat


Selasa, 15 Mei 2018 | 11:42:26 WIB


/ Amril Hidayat

JAMBI - Puncak Peringatan HUT Pemerintah Kota Jambi ke 72 dan Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi ke-617 dilaksanakan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Jambi yang berlangsung khidmat, Senin kemarin (14/5).

Rapat Paripurna Istimewa yang dibuka Ketua DPRD Kota Jambi H M Nasir dan diikuti seluruh Anggota Dewan Kota Jambi tersebut, turut dihadiri Pjs Walikota Jambi M Fauzi,  Asisten II Setda Provinsi Jambi Bidang Kesejahteraan Sosial Agus Sunaryo, jajaran Forkompinda Provinsi Jambi dan Kota Jambi, serta para Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi, jajaran Pemerintah Kota Jambi serta kalangan pelajar berprestasi.

Dalam sambutan pembukanya Ketua DPRD Kota Jambi M. Nasir mengatakan, bahwa momen istimewa tahunan Kota Jambi tersebut, selain sebagai media merefleksikan perjalanan pembangunan Kota Jambi, juga didedikasikan sebagai ajang apresiasi dan penghargaan terhadap prestasi-prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Kota Jambi, termasuk kepada segenap masyarakat Kota Jambi.

Pada kesempatan rapat tersebut, juga dibacakan berbagai prestasi yang telah berhasil diperoleh oleh para pelajar, atlet dan masyarakat Kota Jambi yang telah mengukir prestasi di tingkat provinsi, nasional, maupun level internasional.

Menurut M Nasir, Ketua DPRD Kota Jambi bahwa perkembangan pembangunan di Kota Jambi sudah baik dan meningkat secara signifikan. Hal ini bisa dilihat dari pembangunan infrastruktur jalan maupun bangunan yang sudah sangat baik.

"Sejauh ini perkembangannya meningkat secara signifikan. Namun meskipun pembangunannya baik, kualitas bangunan ataupun jalan juga perlu ditingkatkan agar bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Nasir menambahkan untuk pembangunan non fisik, perlu diperhatikan. Seperti pembangunan sumber daya manusia (SDM) khususnya untuk pengetahuan masyarakat dalam mendapatkan pendidikan diluar sekolah.

"Selain mempersiapkan pembangunan fisik, yang non fisik juga harus diperhatikan terutama SDM. Pemerintah perlu mempersiapkan anak anak terutama untuk yang tamatan SMA/SMK sederajat dalam menghadapi dunia kerja seperti pembangunan balai pelatihan kerja dan lainnya," katanya.

Nasir menambahkan, perlunya program pembangunan khususnya pendidikan diluar sekolah. Terutama saat ini dimana gempuran masuknya tenaga kerja dari luar kota maupun luar negeri yang cukup besar.

Sehingga pemerintah daerah perlu mempersiapkan keterampilan dan kemampuan tenaga kerja lokal agar tidak kalah dengan tenaga kerja dari luar. Sedangkan dalam bidang kesehatan, menurut Nasir bahwa saat ini pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Jambi sudah baik, khususnya bagi masyarakat kurang mampu.

"Saya lihat pelayanan kesehatan di Kota Jambi sudah jauh lebih meningkat. Baik infrastruktur maupun alat kesehatan yang lengkap. Namun memang perlu ditingkatkan lagi kinerjanya," ujarnya.

Pjs Walikota Jambi M Fauzi mengatakan, bahwa saat ini Kota Jambi sudah menjelma menjadi Kota Besar. Oleh karena itu, ke depan arah pembangunan Kota Jambi harus lebih baik lagi, sehingga dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Pada momen hari ulang tahun Pemerintah Kota Jambi yang ke-72 ini, dirinya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu serentak tahun 2018. "Sebentar lagi kita akan menghadapi Pilkada, semoga dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Fauzi menambahkan, dalam pilkada tersebut nantinya diharapkan terpilih pemimpin-pemimpin yang terbaik untuk memajukan kota Jambi ke depan.

Sementara itu Asisten II Setda Provinsi Jambi, Bidang Kesejahteraan Sosial, Agus Sunaryo mengatakan bahwa melalui HUT Pemerintah Kota Jambi yang ke 72 ini, dirinya berharap kota Jambi dapat berbenah kedepannya. Selain itu juga sebagai moment untuk mengevaluasi program yang sudah dilaksanakan dan yang belum dilaksanakan.

Selain itu, pula juga harus melihat dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Banyak yang sudah di capai, dan itu sangat baik, tapi dibalik itu semua tentu ada hal-hal yang perlu diperbaiki," katanya.

Agus menambahkan, ke depan pemerintah Kota Jambi dan Provinsi Jambi dapat bersinergi dalam memajukan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan. Sehingga segala persoalan yang terjadi di masyarakat dapat dipecahkan secara bersama.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments