Selasa, 14 Agustus 2018

DIAZ Award 2018 Warnai Wisuda Akbar Diniyyah Al-Azhar Jambi

Perayaan Berlangsung Meriah

Senin, 14 Mei 2018 | 10:26:00 WIB


Foto bersama siswa, guru dan pengelola yayasan penerima DIAZ Award 2018.
Foto bersama siswa, guru dan pengelola yayasan penerima DIAZ Award 2018. / Jainal Abidin

JAMBI - Perayaan wisuda akbar Diniyyah Al-Azhar (DIAZ) Jambi yang diikuti siswa Kelas VI SD IT, Kelas IX SMP dan siswa Kelas XII SMA IT berlangsung meriah.

Ratusan siswa yang dilepas ini, baru saja menyelesaikan Ujian Nasional (UN) dan akan menempuh pendidikan selanjutnya. Perayaan semakin spektakuler dengan penampilan siswa-siswi dan tata panggung yang menambah kemeriahan acara.

Di acara pelepasan ini juga, Diniyah Al-Azhar Jambi memberikan 37 medali dalam ajang DIAZ Award 2018 untuk 37 kategori.Medali DIAZ Award ini diberikan untuk siswa, guru dan pengelola yayasan, serta karyawan yang dinilai baik, berprestasi dan memenuhi kategori.

Tiga kategori untuk pengelola, empat kategori untuk guru masing-masing unit, empat kategori siswa masing-masing tingkatan, dan dua kategori untuk karyawan.

Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Provinsi Jambi, Apani Saharuddin mengapresiasi kegiatan pelepasan ini. Apalagi Yayasan Diniyyah Al-Azhar Jambi sudah puluhan tahun mengabdikan diri untuk membentuk dan mendidik generasi penerus bangsa.

"Lulusan dari Diniyyah Al-Azhar Jambi juga sudah banyak yang berkiprah di tengah masyarakat dengan beragam profesi," ungkapnya.
Sekolah yang terus meningkatkan kualitas pendidikan dan agama ini kembali melepas siswanya dari setiap jenjang pendidikan yang ada, dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

"Harapannya, ke depan, mereka yang dilepas ini bisa menjadi generasi penerus yang hebat dan mampu bersaing di dalam maupun luar negeri," harapnya.

Ketua Yayasan Diniyyah Al-Azhar Jambi-Bungo, Rosmaini mengatakan, kegiatan pelepasan ini dilaksanan secara rutin setiap tahun. Dan sejauh ini sudah 5 ribu lulusan yang dilepas Al-Azhar.

Dijelaskannya, saat ini sekolah yang telah memasuki usia 41 tahun ini telah memiliki jenjang pendidikan TK, SD, SMP, dan SMA baik di Bungo, Tebo. Bahkan di Kota Jambi telah ada perguruan tinggi.

Bukan hanya fokus pada dunia pendidikan semata, saat ini juga pihaknya memberikan perhatian kepada usia lanjut. Dan tahun ini, telah diresmikan asrama usia lanjut yang berada di Muara Bungo.

Melalui program ini, para orangtua di penghujung usianya tidak sibuk mengurus cucu semata, tetapi menyiapkan diri menghadap sang pencipta atau menambah ilmu agama. "Bulan puasa asrama lansia ini akan mulai digunakan untuk berbagai kegiatan," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar Jambi, Hafiz El-Yusufi menyebutkan, ajang wisuda pelepasan siswa ini guna memotivasi siswa untuk melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi

‘’Bagi lulusan SD akan melanjutkan SMP, lulusan SMP akan melanjutkan SMA, begitu pula SMA akan melanjutkan ke perguruan tinggi,’’ ujarnya.
"Jumlah siswa yang di wisuda tahun ini, sebanyak 229 orang, terdiri dari 183 untuk SD IT, SMP IT berjumlah 85, dan SMA IT sebanyak 29 orang," jelasnya.

Dikatakannya, sesuai tema yang diangkat pada acara ini diharapkan siswa religius, yakni pribadi yang beragama dan taat beribadah, karena kehidupan di dunia modal untuk hidup di akhirat kelak. "Sekolah kita pertama yang diajarkan ilmu agama, baru ilmu pengetahuan," ungkapnya.

Selain itu, smart dan kreatif, siswa diharapkan mampu memiliki ilmu pengetahuan agama di samping ilmu pengetahuan umum, dan tentunya ilmu yang dimiliki dapat diaplikasikan dan diamalkan disekitarnya. "Sehingga tidak rendah di mata orang dengan ilmu yang dimiliki," bebernya.
Sementara itu, Ketua panitia wisuda, Andri Octora menjelaskan, kegiatan ini dipersiapkan sejak 2 minggu lalu, dengan pembentukan panitia melibatkan siswa dan guru sebagai koordinator setiap bidang, hingga mengkonsep acara dengan penampilan seni kreatifitas yang ditampilkan di atas panggung.

Andri menyebutkan, melalui perencanaan yang matang, diharapkan acara berjalan lancar dan sukses, sehingga memberikan kepuasan bagi undangan dan kenangan terindah bagi siswa yang akan meninggalkan sekolah.

"Berbagai pertunjukan kita tampilkan dari setiap unit, termasuk bakat-bakat anak yang sudah di latih sebelumnya," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments