Selasa, 14 Agustus 2018

SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Gelar Pelepasan Siswa


Senin, 14 Mei 2018 | 11:34:47 WIB


Foto bersama siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi
Foto bersama siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Sebanyak 50 siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi, Kamis (10/5) lalu dilakukan pelepasan karena telah mengikuti Ujian Nasional (UN) dan akan meninggalkan bangku pendidikan pertama.

Acara ini dihadiri Kepala Disdik Kota Jambi, pengurus daerah Muhammadiyah, pengurus cabang, serta guru dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi.

Kepala Disdik Kota Jambi, Arman mengatakan, moment pelepasan ini merupakam titik dari masa 3 tahun setelah dididik di SMP dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah.

Arman berharap ke depan, yayasan lebih gencar melakukan pendekatan mencari bantuan sekolah maupun jumlah siswa saat penerimaan murid baru. "Selama ini sekolah negeri bebas menerima peserta didik," ujarnya.

Ditegaskan Arman, mulai tahun ini hal demikian tidak akan bisa dilakukan lagi, karena Disdik telah membatasi sistem penerimaan siswa di sekolah negeri.

Jadi, tidak semua siswa tamatan SMP dapat diterima di SMA Negeri. ‘’Bagusnya, lulusan SMP Muhammadiyah melanjutkan di SMA Muhammadiyah juga. Kita berharap SMA Muhammadiyah jadi pilihan pertama bukan cadangan," ungkapnya.

Pihaknya siap membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di sekolah.

Sama seperti kunjungan ke sekolah-sekolah lain, Arman menegaskan siswa tidak boleh mencontoh kakak-kakak tingkatnya dalam merayakan kelulusan, dengan melakukan aksi coret dan konvoi di jalanan. "Karena dapat mengganggu ketentraman masyarakat," sebutnya.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi, Komari menambahkan, kegiatan pelepasan ini mengusung tema your self and reach your dream.
Menurutnya, siswa belum bisa menyayangi diri sendiri dan dengan memikirkan masa. "Saat ini, yang mereka tahu hanya kesenangan sesaat, apalagi pengaruh gadget," paparnya.

Makanya, kata Komari, pihaknya menghimbau kepada siswa agar benar-benar melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, untuk meraih impian dan kesuksesan yang banyak tantangan dan hambatan.

Dijelaskannya, saat ini SMP Muhammadiyah1 telah membuka pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2018/2019 dengan fasilitas dan tenaga pendidik yang memadai dan berkompeten.

Sementara itu, Ketua panitia pelepasan, Andi mengatakan, persiapan acara ini dilakukan sejak 1 bulan lalu dengan melibatkan siswa, terutama pengurus OSIS sebagai kepanitiaan. "Guru hanya mendampingi dan mengarahkan siswa," sebutnya.

Acara ini juga jadi ajang mengasah bakat siswa dalam bidang seni kreatifitas baik dalam bidang akademik, non akademik, maupun keagamaan.

"Di acara ini, kita menjampilkan drama, tari, drama, pembacaan puisi, pembacaan Al Quran, pidato, dan olah raga pencak silat tapak suci," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments