Minggu, 23 September 2018

Jelang Puasa, Harga Daging Ayam di Merangin Naik Rp 10 Ribu per Kg


Senin, 14 Mei 2018 | 21:11:26 WIB


ilustrasi
ilustrasi / metrojambi.com

BANGKO – Jelang puasa, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Merangin mengalami kenaikan. Salah satunya adalah daging ayam, yang naik Rp 10 ribu, dari biasanya Rp 35 ribu per kilogram, saat ini dijual pedagang seharga Rp 45 ribu per kilogram.

“Harga daging ayam naik Rp 10 ribu. Normalnya Rp 35 ribu, tapi saat ini dijual Rp 45 ribu per kilogram,” ujar salah seorang pedagang di Pasar Baru Bangko, Senin (14/5/2018).

Salah satu penyebab naiknya harga daging ayam di pasaran adalah berkurangnya pasokan dari para agen ke pedagang. “Sekarang pasokan dibagi rata oleh agen. Biasanya kami dapat 100 ekor, kini hanya separuhnya,” sebut pedagang.

Selain daging ayam, harga telur juga naik dari Rp 41 ribu menjadi Rp 44 ribu per karpet. Begitu juga dengan harga bawang merah, naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Namun harga sejumlah kebutuhan pokok lainnya justru mengalami penurunan, seperti cabai dari Rp 60 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Kemudian cabai rawit dari Rp 40 ribu menjadi Rp 15 ribu per kilogram.

“Harga cabai turun karena stok banyak. Pasokan cabai didatangkan dari Jangkat, Kerinci, dan Curup,” ujar Evi, pedagang cabai di Pasar Baru Bangko.

Evi juga menyebutkan harga bawang putih juga turun dari Rp 35 menjadi Rp 17 ribu per kilogram. Sedangkan harga kebutuhan lainnya, kata Evi, saat ini masih stabil, tidak mengalami kenaikan maupun penurunan.

“Seperti minyak sayur dan gula, masih dijual dengan harga Rp 12 ribu per kilogram,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Merangin Sibawaihi saat dikonfirmasi mengatakan jika pihaknya siap menggelar operasi pasar jika saat puasa nanti terjadi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok.

“Jika saat puasa nanti harga kebutuhan pokok terus naik, kita akan langsung menggelar operasi pasar,” ujar Sibawaihi.


Penulis: Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments