Selasa, 20 November 2018

Kamis Puasa Ramadan, Headline Harian Pagi Metrojambi Edisi Rabu 16 Mei 2018

NU-Muhammadiyah Serentak, Hilal Tak Tampak di Jambi

Rabu, 16 Mei 2018 | 10:27:24 WIB


/

JAMBI – Pemerintah RI Indonesia, melalui Kementerian Agama memutuskan 1 Ramadan 1439 H jatuh pada hari Kamis (17/5/2018). Penetapan itu setelah sidang isbat (penetapan) awal Ramadan digelar di Jakarta, Selasa (15/5/18).

Keputusan itu diambil setelah tim rukyat Kemenag melakukan pengamatan hilal di sejumlah daerah. Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan dari 32 yang melaporkan hasil rukyat, tidak satu pun yang melihat hilal.

Sehingga dalam sidang isbat yang digelar yang dilakukan jelang salat magrib dengan mendengarkan paparan tim rukyat Kemenang, diputuskan 1 Ramadan ditetapkan Kamis besok.

Dalam sidang isbat itu dilaporkan oleh Dirjen Binmas Islam bahwa posisi hilal di Indonesia masih di bawah ufuk yaitu berkisar -1, sampai 0 derajat 2 menit. "Kedua, dari pelaku rukyatul hilal yang tersebar 95 titik sampai dengan sidang isbat berlangsung kita terima 32 pelaku yang melaporkan tidak satu pun yang berhasil melihat hilal," katanya.

Salah satunya, hasil rukyatul hilal atau pemantauan hilal di Masjid Raya KH Hasyim Asyari Cengkareng tidak dapat melihat hilal karena cuaca mendung dan kabut tebal. Data hisab menujukkan posisi bulan berada di minus 0 koma 0,7 derajat. Pantauan hilal dimulai pada pukul 17.44
WIB dan dilaksanakan selama satu setengah menit pada saat matahari terbenam.

Selengkapnya di Harian Pagi Metrojambi


Penulis: (shr)
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments