Kamis, 16 Agustus 2018

Mepet dan Tak Ada Anggaran, Arakan Sahur Sepi Peserta


Kamis, 17 Mei 2018 | 14:00:37 WIB


Festival arakan sahur
Festival arakan sahur / Muammar Solihin

KUALATUNGKAL - Festival arakan sahur yang merupakan kegiatan tahunan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan di Kabupaten Tajung Jabung Barat (Tanjabbar), tahun ini sepi peserta.

Tahun ini, festival arakan sahur hanya diikuti 16 peserta. Terlihat jika Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) kabupaten Tanjabbar tidak siap untuk menggelar kegiatan tersebut.

Informasi yang diperoleh metrojambi.com, hanya dua kecamatan yang mengirim peserta untuk mengikuti festival tersebut. Sedangkan kecamatan lainnya tidak mengirimkan peserta dengan alasan jadwal yang mepet dan tidak adanya anggaran.

“Kita baru dipanggil untuk ikut serta sekitar sebulan sebelum kegiatan. Sedangkan anggaran dari mana diambil belum tahu. Seharusnya kegiatan ini dibicarakan dengan pihak kecamatan sejak jauh-jauh hari, sehingga bisa kita anggarkan,” ujar salah seorang camat yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, Kepala Disporapar Tanjabbar Otto Riadi mengakui jika festival arakan sahur tahun ini hanya diikuti 16 peserta. Ia pun enggan menjelaskan secara rinci masalah anggaran kegiatan tersebut.

“Ya, hanya 16 peserta. Dua dari kecamatan. Dananya dari APBD,” ujar Otto saat dikonfirmasi, Kamis (17/5/2018).

Sebelumnya, Bupati Tanjabbar Safrial mengatakan jika festival arakan sahur ini digelar untuk menyemarakkan datangnya bulan suci Ramadan. “Melalui festival arakan sahur ini, mudah-mudahan ibadah serta iman kita semakin kokoh,” kata Safrial.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments