Sabtu, 18 Agustus 2018

Diabetes Mulai Serang Anak Muda

dr Ida : Gaya Hidup dan Pola Makan yang Salah

Kamis, 15 Maret 2018 | 12:05:48 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI- Jumlah penderita penyakit diabetes di Kota Jambi terus meningkat setiap tahunnya. Penyakit yang biasanya diderita oleh orang yang sudah berusia tua ini, saat ini mulai menyerang kalangan muda.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yuliati bahwa di Kota Jambi diabetes ini sudah mulai menyerang anak muda. Rata-rata usianya mulai 17 tahun sudah ada yang terkena diabetes. "Memang ke sini usia muda mulai banyak yang terserang diabetes juga," katanya.

Disampaikannya saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap pengidap diabetes di usia muda. Namun, sebab utama diabetes menyerang anak muda lantaran gaya hidup tak sehat.

"Saat ini justru ditemukan karena gaya hidup, banyak masyarakat yang pola makannya tak sehat aktivitas fisiknya berkurang jadi banyak yang terkena diabetes di usia muda," ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Nur Indrayeti. Menurutnya angka penyakit tidak menular di Kota Jambi yang paling banyak adalah hipertensi dan Diabetes Melitus.

Dia menjelaskan untuk angka hipertensi tahun 2016 terdeteksi sebanyak 7972 orang, sementara pada tahun 2017 angkanya bertambah menjadi 9456 orang.
Untuk Diabetes Melitus pada tahun 2016 terdeteksi sebanyak 2268 orang dan pada 2017 meningkat menjadi 3696 orang.

Nur mengatakan meningkatnya penyakit hipertensi dan diabetes ini dikarenakan gaya hidup masyarakat yang tidak sehat. Diantaranya merokok, makanan yang tidak sehat, kurang mengkonsumsi buah dan sayur, serta jarang berolahraga. "Kalau dari faktor genetik sangat kecil yang paling besar adalah gaya hidup," ujarnya.

Nur mengatakan gejala awal penyakit hipertensi adalah penderita suka sakit kepala. "Bahkan jika sudah parah bisa mengakibatkan meninggal dunia secara mendadak," katanya.

Sementara bagi penderita diabetes gejala awalnya adalah penderita lesu tidak bergairah Kurang semangat dan terjadi kerusakan pada organ tubuh. Guna mencegah penyakit tersebut dirinya menghimbau kepada masyarakat agar rajin berolahraga rajin mengkonsumsi buah dan sayur serta mengkonsumsi makanan yang sehat Selain itu dirinya juga menghimbau agar masyarakat menghilangkan kebiasaan merokok serta tidak mengkonsumsi alkohol.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments