Sabtu, 18 Agustus 2018

Enam Puskesmas di Kerinci Dapat Akreditasi


Rabu, 11 April 2018 | 11:42:13 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Enam Puskesmas di Kabupaten Kerinci tahun 2018 ini akan mendapatkan akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci, enam Puskesmas itu diusulkan mendapat akreditasi pada tahun 2017 lalu adalah Puskesmas Kemantan, Lempur,  Lolo, Jujun,  Semurup, dan Siulak Deras.

Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kerinci, Yuldi Candra, mengatakan saat ini pihaknya terus mengupayakan agar semua Puskesmas di Kabupaten Kerinci terakreditasi dari Pemerintah Pusat.

Namun proses untuk mendapat akreditasi, kata Yuldi, tidak mudah, karena cukup banyak penilaian yang dilakukan tim salah satunya penilaian terhadap pelayanan bagi masyarakat.

"Dari 21 Puskesmas di Kerinci, 4 Puskesmas telah terakreditasi pada tahun 2017 yakni Puskemas Semerap, Kersik Tuo, Siulak Gedang dan Pelompek,” sambungnya.

“Pada usulan tahun 2017 lalu, lima Puskesmas terakreditasi dasar, dan satu madya yakni Siulak Deras yang hasilnya keluar tahun 2018 ini," ungkap Yuldi lagi.

Hal senada dikatakan Kadis Kesehatan Kerinci, Hamsal Rabit. Menurutnya, enam Puskesmas itu hanya tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kemenkes RI. "Secara lisan sudah terakreditasi, hanya tinggal menunggu SK turun saja dari pusat," ucapnya.

Dijelaskannya bahwa dari 21 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Kerinci, artinya saat ini sudah 11 Puskesmas yang terakreditasi.
"Kami akan terus berusaha, agar sisa 10 Puskesmas yang belum terakreditasi, akan dituntaskan hingga 2018 dan 2019," tandasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments