Selasa, 20 November 2018

Manfaatkan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan


Rabu, 30 Mei 2018 | 15:17:24 WIB


Fitri bersama penyewa kostum tari miliknya
Fitri bersama penyewa kostum tari miliknya / metrojambi.com

JAMBI - Merintis usaha dari nol itu harus kerja keras, sabar, dan fokus meraih mimpi yang dicita-citakan. Begitulah resep manjur Fitri Lisdiani, pemilik usaha penyewaan kostum tari di Kota Jambi yang kini usahanya berkembang hingga ke mancanegara.

Bisnis penyewaan kostum tari ini, mulai dirintis Fitri sejak tahun 2010, atau sejak duduk di bangku kuliah. Saat itu ia mulai merintis usaha penyewaan kostum kecil-kecilan dan eksistensinya disampaikan antar teman dari mulut ke mulut.

Ide usaha penyewaan kostum ini muncul dari profesi Fitri yang semula seorang penari. Sedangkan ia lulusan Fakultas Pendidikan Ilmu Fisika Universitas Jambi.

"Awalnya dulu saat masih duduk di bangku kuliah sekitar semester 2. Semula untuk kostum, saya sewa dengan kakak-kakak senior lainnya, saya cuma ambil untung dari make up nya aja. Tetapi awal mula sekali bisnis dimulai dari melatih tari, sebab basic saya penari. Makanya timbul ide untuk memanfaatkan hobi sebagai sumber penghasilan," tuturnya.

Aktif di dunia seni tari, menyebabkan Fitri semakin banyak menerima pekerjaan untuk melatih tarian melayu. Ia pun kemudian menabung dari hasil tariannya itu untuk pengadaan busana.

"Dari situ saya bikin desain kostum sendiri, dan nentuin kombinasi sesuai tarian-tarian,’’ ujarnya saat dijumpai di rumah sekaligus tempat penyewaan kostum di Jalan Kaca Piring 1 Rt 37 No 32, Kelurahan Simpang IV Sipin, Telanaipura Kota Jambi, Selasa (29/5).

Diakui Fitri, awalnya ia hanya punya kostum berjumlah 7 buah. Namun, ibunya terus memberikan dorongan dan motivasi, sehingga ia kian nekat mengembangkan usaha bisnis sewa kostum tari dan merambah ke jasa make up.

Berpegang teguh pada prinsip jujur dan belajar dari pengalaman, Fitri membuat sistem DP kurang dari 50 persen total harga.  "Harga sewa satu kostum tari lengkap aksesoris Rp 75 ribu dan harga makeup Rp 125 ribu, sedangkan make up party Rp 150 ribu," ungkapnya.

Kini omzet yang ia dapatkan dalam 4 bulan, bisa mencapai Rp 100 juta. Selain itu, kostumnya juga sudah berjumlah 20 macam serta telah memiliki beberapa asisten make up. "Kostum kita sudah disewa keluar kota seperti Ambon, Sulawesi, Padang, bahkan pernah di sewa ke Kuala Lumpur," jelas perempuan kelahiran 21 April 1991 ini.

Bagi yang berminat ingin sewa kostum tari maupun pakaian lamaran, dapat menghubungi ke Cp. 082233008917 atau cek instagram @Fitrilisdiani_sewakostum_nari. Pihaknya juga menerima bokingan tarian untuk nikahan atau acara kantor, penyambutan tamu maupun hiburan dengan anggaran yang bisa disesuaikan.


Penulis: Cr6
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments