Selasa, 21 Agustus 2018

82 Calon Siswa SMK Fania Jalani Ujian


Kamis, 07 Juni 2018 | 15:27:59 WIB


Suasana test masuk SMK Fania Salsabila Kota Jambi
Suasana test masuk SMK Fania Salsabila Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Sebanyak 82 calon siswa SMK Kesehatan Fania Salsabila Kota Jambi, Kamis (7/6), menjalani ujian test masuk sekolah. Ujian ini dilakukan dalam beberapa tahapan, mulai dari test tertulis, test kesehatan, dan terakhir test wawancara minat dan bakat.

Kepala SMK Fania Salsabila Arvandi mengatakan, tahapan test masuk sekolah dilakukan selama 1 hari, dimulai dengan ujian tertulis, calon siswa mengerjakan soal ujian sebanyak 40 soal dalam waktu 60 menit.

"Soal dikerjakan melalui android dan siswa yang tidak punya android diberikan lembar soal," ujarnya disela- sela pelaksanaan test.

Dikatakan Arvandi, ujian test masuk kali ini sekolah melakukan dalam gelombang pertama dengan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 82 orang untuk 3 jurusan yang diminati.  

Nantinya sekolah akan membuka gelombang berikutnya sehingga target sekolah untuk siswa baru terpenuhi sebanyak 144 orang untuk ditempatkan di 4 rombongan belajar (Rombel)." Kita ada jurusan perawat, analisis kesehatan, dan farmasi," jelasnya.

Ditambahkannya, tahapan berikutnya test kesehatan meliputi pemeriksaan mata apakah calon siswa buta warna, dan test fisik yaitu tanda-tanda vital dalam tubuh.

Kemudian terakhir sekolah melakukan test wawancara minat dan bakat untuk melihat kemampuan diri siswa, sehingga nantinya sekolah mudah mengarahkan dan memberi pendampingan. "Hasil hari ini juga diumumkan setelah semua tahapan selesai dilakukan," katanya.

Menariknya sekolah memberikan kesempatan bagi calon siswa dari luar daerah, untuk mengikuti ujian secara online yang sudah dilakukan dan diikuti beberapa siswa.

Hal ini dilakukan agar siswa tidak bolak balik karena jarak tempuh dan waktu. "Kita sediakan web, sehingga siswa bisa mengakses di alamat tersebut," ujarnya.

Selain itu, sekolah juga memberikan kesempatan bagi siswa yang masuk peringkat 5 besar di sekolah asal tidak mengikuti ujian test tertulis masuk SMK Fania dan dibebaskan biaya pendaftaran. "Tapi tes yang lain tetap ikut, karena sangat penting," bebernya.

Dirinya mengungkapkan, peminat SMK Fania tahun ini jumlahnya besar dan terlihat di gelombang pertama dibuka sebelum SMA negeri membuka PPDB sudah banyak yang mendaftar dan mengikuti tes.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments