Rabu, 22 Agustus 2018

Dua Terduga Teroris Bungo Ditahan di Mako Brimob Polda Jambi


Jumat, 08 Juni 2018 | 16:08:42 WIB


Petugas kepolisian saat mengamankan lokasi penangkapan terduga teroris di Bungo, Kamis (7/6)
Petugas kepolisian saat mengamankan lokasi penangkapan terduga teroris di Bungo, Kamis (7/6) / metrojambi.com

JAMBI – Tim Densus 88 Anti Teror, Kamis (7/6) kemarin, menangkap dua orang terduga teroris di Kabupaten Bungo. Penangkapan dilakukan di tempat terpisah, dimana dua orang yang ditangkap tersebut masing-masing berinisial MH dan SR, warga Muara Bungo, Kabupaten Bungo.

Pasca penangkapan, keduanya sempat dibawa ke Mako Brimob Detasemen B Pamenang. Namun saat ini, penahanan terhadap keduanya sudah dipindahkan ke Mako Brimob Polda Jambi, guna proses lebih lanjut.

“Sudah dibawa ke Jambi. Saat ini ditahan di Mako Brimob,” ujar Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (8/6).

Saat ini, lanjut Kuswahyudi, tengah dilakukan pemeriksaan terhadap kedua terduga teroris tersebut. Namun ia belum bisa berkomentar banyak terkait pemeriksaan tersebut. “Karena kemarin yang nangkap Densus 88,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, MH ditangkap di depan Masjid Al Furqon, Simpang Drom, Muara Bungo. Sedangkan SR ditangkap di depan Masjid Raya Pasar Muara Bungo.

Dari penggeledahan di kediaman MH di Jalan Sri Soedewi, Kelurahan Bungo Baray, Kecamatan Pasar Muara Bungo, diamankan barang bukti berupa laptop, busur, dan anak panah. Sedangkan dari kediaman SR di Kelurahan Tanjung Gedang, ditemukan buku dan paspor miliknya.

MH diduga merupakan jaringan Khilafatul Muslimin yang menjadi bagian dari Jamaah Anshorud Daulah Khilafah Nusantara (JADKN). Ia diduga merupakan jaringan dari Eka Fitria Akbar, pelaku pembakaran Polres Dharmasraya, Polda Sumatera Barat.  

Sementara itu SR awalnya merupakan jamaah rutin kajian Ilmiah Salafy As Sunah. Akhirnya Dia juga bergabung dengan kelompok kajian almarhum Eka Fitra Akbar.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments