Senin, 15 Agustus 2022

Idul Fitri 1439 H Jatuh Pada Jumat 15 Juni

Kamis, 14 Juni 2018 | 20:07:10 WIB


Pemantauan hilal di Kota Jambi, Kamis (14/6)
Pemantauan hilal di Kota Jambi, Kamis (14/6) / Metrojambi.com

JAMBI - Kementerian Agama telah menggelar Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1439 H. Dari hasil Sidang Isbat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat 15 Juni 2018.

"Seluruh peserta sidang bersepakat maka Sidang Isbat telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat 15 Juni 2018," kata Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Kamis (14/6).

Lukman mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan hilal di sejumlah tempat di Indonesia, para saksi menyatakan dapat melihat hilal 7 derajat. Dari 97 pemantau hilal, 12 orang menyatakan melihat hilal. Dari Manado, Palu, Gresik, Yogyakarta, hingga Jakarta Utara.

"Hilal terlihat sampai dengan jelang sidang isbat dibuka setidaknya kami telah menerima 12 kesaksian kenyatannya tentu jauh lebih banyak. Semua bertugas di bawah sumpah seluruhnya menyatakan kesaksiannya telah melihat hilal," terangnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Muhamad saat dikonfirmasi mengatakan, di Jambi sendiri dari hasil pemanatauan hilal tidak terlihat. Namun demikian, di daerah lain hilal berhasil dilihat sehingga 1 Syawal 1439 H ditetapkan besok.

"Hari ini Hilal dipantau dari 97 titik di seluruh Indonesia, termasuk di Jambi. Namun di Jambi hilal tidak terlihat. Namun di daerah lain ada yang terpantau. Maka kita berkeyakinan 1 Syawal jatuh besok," kata Muhamad.

Ramadi, wakil ketua tim hisab rukyat Kementerian Agama utusan dari UIN STS Jambi menjelaskan, hilal tidak terlihat di Jambi dikarenakan tertutup awan.

"Meskipun hilal tidak terlihat di Jambi, namun hasilnya tetap kita laporkan kepada Kementerian Agama untuk menjadi standar Sidang Isbat," pungkasnya.


Penulis: Sharly
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments