Rabu, 25 Mei 2022

Lelang Jabatan Pemprov Jambi Belum Juga Terlaksana

Kamis, 21 Juni 2018 | 21:14:27 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Pelaksanaan lelang jabatan untuk jabaran eselon II di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi masih belum ada titik terang. Hingga kini, Pemprov Jambi masih menunggu izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pelaksanaan lelang jabatan.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan bahwa persetujuan dari KASN sudah keluar tinggal menunggu persetujuan dari Kemendagri untuk dilakukan lelang jabatan di 7 jabatan.

"Sebelumnya ada 5 OPD namun dalam waktu dekat Plt kepala Bappeda dan staf ahli akan pensiun sehingga lelang akan dilaksanakan serentak," ujarnya, Kamis (21/6).

Dianto juga mengatakan bahwasanya lelang ini akan dilakukan terbuka dan membuka kesempatan bagi pejabat pemerintahan  kabupaten/kota  yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti lelang.

"Untuk 7 posisi ini KASN melarang jobfit artinya pejabat yang ada tidak boleh digeser karena menjabat belum sampai 2 tahun," jelasnya.

Sementara itu, Hambali, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi mengatakan, pihaknya sedang menunggu izin tertulis dari Kemendagri, untuk melaksanakan lelang jabatan di bawah kepemimpinan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur. “Karena dipimpin oleh Plt Gubernur, maka kita harus menunggu izin lagi,” katanya.

Menurut Hambali, yang harus mendapatkan izin lagi dari Kemendagri adalah ketika daerah dipimpin oleh Plt Gubernur lantaran Pilkada. Sementara ketika pihaknya berkonsultasi ke Dirjen OTDA Kemendagri RI beberapa waktu lalu, secara lisan pihak Dirjen Otda mengatakan lelang jabatan di Jambi bisa langsung dilaksanakan.

“Secara lisan, mereka sebutkan boleh langsung lelang jabatan. Namun, kami kan mau izin secara tertulis yang menyatakan bisa langsung melaksanakan lelang. Tapi ketika kami meminta izin tertulis, pihak Ditjen Otda bilang akan mengkaji lagi,” ujarnya.  

Terkait dengan Panitia Seleksi (Pansel) dalam lelang jabatan ini, terdiri dari lima orang. Dua orang berasal dari Pemprov Jambi, dan tiga orang berasal dari akademisi. Semula, direncanakan bahwa tiga orang akademisi tersebut berasal dari IPDN. Namun, karena berbagai pertimbangan, Pansel dari akademi berasal dari perguruan tinggi di Provinsi Jambi.

“Kemarin kan direncanakan dari IPDN. Tapi batal, kemudian diganti dengan dari Unja. Kalau persoalan Pansel, sudah selesai. Tidak ada masalah lagi. Sekarang hanya menunggu izin pelaksanaannya saja,” paparnya.

Untuk diketahui, jabatan yang akan dilelang di Pemprov Jambi adalah Jabatan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM. Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Kepala Badan Perencanaan Pembanguna Daerah (Bappeda), dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Jambi.


Penulis: Sharly
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments