Kamis, 22 Agustus 2019

SMA 10 Kota Jambi Formula Dua Model Pesantren Kilat


Kamis, 16 Mei 2019 | 16:21:54 WIB


Kepala SMA Negeri 10, Saifullah
Kepala SMA Negeri 10, Saifullah / Jainal Abidin

JAMBI- Selama memasuki Bulan Ramadhan 1440 Hijrah, kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMA Negeri 10 Kota Jambi terus berlanjut sebagaimana biasanya, para siswa mengikuti mata pelajaran di kelas sesuai bidang studi guru yang mengajar sesuai jadwal setiap harinya.

Di samping itu sekolah juga melakukan kegiatan pesantren kilat, mengisi kegiatan positif selama menjalankan ibadah puasa, memberikan pemahaman dan pengetahuan peserta didik dalam ilmu agama.

" Kegiatan belajar dan pesantren kilat kita lakukan," ungkap Kepala SMA Negeri 10 Saifullah, Kamis (16/5).

Dikatakannya, kegiatan keduanya dilakukan dalam waktu bersamaan, siswa dibagi menjadi dua formula kegiatan setiap pagi, ada yang mengikuti kegiatan belajar dan ada juga yang mengikuti kegiatan pesantren kilat.

"Kalau dilakukan serentak semuanya siswa terlalu banyak dan tidak fokus," imbuhnya.

Sehingga sekolah berupaya mencarikan solusi terbaik agar siswa bisa mengikuti dan kegiatannya berjalan lancar. "Mereka belajar tentang salat, puasa, tadarusan, dan lain- lain," jelasnya.

Kegiatan pesantren kilat dilakukan langsung guru di sekolah dan sekolah juga mendatangkan pemateri dari luar, sehingga materi yang disampaikan beragam dan para siswa menyimak materi mendapat suasana baru.

"Mereka akan antusias mengikuti materi yang disampaikan," paparnya.

Selain teori, materi praktik juga dilakukan siswa, agar ilmu yang telah disampaikan langsung dapat dipraktikkan langsung.

Sedangkan kegiatan belajar sendiri dilakukan untuk mengejar materi- materi yang tertinggal dan menghadapi pelaksana ujian semester genap Juni mendatang dan siswa harus siap menghadapi.

"Apalagi nanti kita akan menghadapi dua kali libur," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments