Jumat, 21 September 2018

Fachrori : Halal Bi Halal Momentum Kembali Fitrah Benahi Diri


Sabtu, 30 Juni 2018 | 11:00:41 WIB


/ Istimewa

JAMBI - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar. M.Hum mengemukakan, halal bi halal merupakan momentum untuk menggugah dan membangun kesadaran baru untuk kembali pada harkat kemanusian sebagai makluk yang fitrah, sebagai titik awal berbenah diri. Hal tersebut dikemukakan dalam Halal bi Halal Idul Fitri 1439 H/2018 M, bersama Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Pengurus Wilayah Provinsi Jambi, bertempat di Hotel ODuo Weston, Sabtu (30/06/2018).

Fachrori mengatakan, adalah halal bi halal sebagai wadah menggugah dan membangun kesadaran baru untuk kembali pada harkat kemanusiaan sebagai makluk yang fitri sesuai makna hakiki Idul Fitri. "Dengan semangat kemenangan dan hati yang fitrah, mari sama-sama kita jadikan kegiatan halal bi halal sebagai titik awal untuk berbenah diri," ujar Fachrori.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Provinsi Jambi, yang telah bersedia mengundang saya, mari kita pupuk kerjasama yang baik sehingga IPHI Provinsi Jambi bisa berkiprah dan dapat memberikan kontribusi positif untuk Provinsi Jambi ini," kata Fachrori.

"Halal bi Halal adalah implementasi keimanan dan wujud melakukan syariat Islam yang dikemas dengan budaya dan tradisi, juga sarana membangun keakraban dan kesatuan melalui kegiatan, bahwa semua kesalahan dan kehilaf dianggap telas (tiada). Mudah-mudahan dosa kita telas dapat kembali pada fitrahnya," sambungnya.

Lebih lanjut, Fachrori menjelaskan, Halal bi Halal merupakan suatu tradisi positif yang dilakukan umat Islam, khususnya di Indonesia, setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri, guna menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang diraih setelah melaksanakan puasa sebulan penuh. "Untuk itu, marilah kita saling memperbaiki hubungan antara sesama manusia atau hablul minannas. Melalui kegiatan ini kita dapat saling membersihkan diri dengan tulus dan ikhlas, saling memberi dan minta maaf kepada sesama atas segala khilaf dan dosa yang pernah kita buat dan tidak akan lagi mengulangi kesalahan atau kekhilafan yang pernah kita perbuat sebelumnya," jelas Fachrori.

"Sesuai makna bulan Syawal, sebagai bulan peningkatan, jadikan kegiatan ini sebagai wahana dan sarana untuk lebih memperkuat komitmen dan tekad, guna lebih meningkatkan kualitas taaruf dan tafahum untuk meningkatkan jalinan silaturrahmi diantara kita semua," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PW IPHI Provinsi Jambi, Drs.H.Ahmad Karimuddin,MM menyampaikan, IPHI Provinsi Jambi telah berdiri lebih dari 10 tahun, namun samapai saat ini belum mempunyai kantor yang tetap, mengigat kegiatan yang begitu banyak, sangat diperlukan sebuah kantor yang tetap, supaya sekretariatnya bisa berjalan maksimal. "Kami pengurus yang baru IPHI Provinsi Jambi berinisiatif menyewa kantor untuk satu tahun ini, untuk itu, kami memohon kepada Plt. Gubernur Jambi untuk dapat membantu, mungkin ada aset pemerintah daerah yang tidak dipakai, biar kami yang mempergunakannya sebagai sekretariat IPHI sehingga dapat berkerja lebih optimal," pintanya.

"Baru-baru ini kami mengikuti Raker IPHI di Aceh dimana kalau kita bandingkan, kegiatan IPHI Provinsi Jambi kita masih banyak ketinggalan, apalagi dibandingkan dengan IPHI di Pulau Jawa. Kami akan terus berkoordinasi dengan pengurus yang berada di daerah, agar kiranya mengoptimalkan organisasi ini menjadi lebih besar dan berfungsi membantu bagi orang banyak," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Halal bi halal IPHI Provinsi Jambi, Drs.H.Tamar Tarawe menyampaikan, pelaksanaan halal bi halal ini merupakan ide dan inisiatif dari kesepakatan bersama antara ketua dan anggota, sehingga pelaksanaan bisa tercapai hari ini. Anggota yang diundang terdiri pengurus IPHI kabupaten/kota se Provinsi Jambi dan ormas-ormas Islam yang berada di Provinsi Jambi, berjumlah 150 orang.

"Kita melaksanakan halal bi halal dengan tujuan merajut tali silaturahim bersama, baik di internal IPHI maupun ke seluruh ormas Islam dan masyarakat Jambi secara keseluruhan," pungkas Tamar.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments