Rabu, 26 September 2018

Hari Ini, Supriyono Jalani Sidang Vonis


Senin, 02 Juli 2018 | 10:58:11 WIB


Supriyono
Supriyono / Sahrial

JAMBI – Sidang lanjutan kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi tahun 2018 dengan terdakwa Supriyono, hari ini, Senin (2/7), kembali akan digelar di Pengadilan Tipikor Jambi.

Sidang hari ini mengagendakan pembacaan vonis oleh majelis hakim terhadap Supriyono, yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jambi dari  Fraksi PAN.

“Ya, hari ini sidang vonis,” kata Herman Kadir, salah seorang kuasa hukum Supriyono saat dikonfirmasi.

Herman berharap majelis hakim yang diketuai Badrun Zaini dapat mempertimbangkan nota pembelaan yang mereka sampaikan pada minggu lalu, dan meringankan hukuman kliennya.

"Ya dikurangilah dari tuntutan. Minimal sesuai dengan (ancaman, red) pasal 5 Undang-Undang Tipikor atau pasal 11 yang ancaman maksimal 5 tahun, tidak seperti yang dituntut oleh jaksa," ujarnya lagi.

Herman sendiri mengaku, tidak bisa mendampingi kliennya pada sidang pembacaan putusan, namun dia tetap berharap ada keringanan hukuman. “Saya masih di Jepang,” tandasnya.

Sebelumnya, Supriyono dituntut 7 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain pidana penjara, Supriyono juga dituntut dengan pidana denda sebesar 400 juta subsidair 4 bulan kurungan.

Oleh jaksa KPK, Supriyono dinyatakan terbukti bersalah sesuai dengan dakwaan pertama pasal 12 huruf a UU No 31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Pemberantasan korupsi, sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001, jo Pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments