Kamis, 14 November 2019

Walikota Buka Sosialisasi E-Kinerja


Selasa, 03 Juli 2018 | 11:32:50 WIB


Walikota Jambi Sy Fasha ketika membuka sosialisasi E- Kinerja
Walikota Jambi Sy Fasha ketika membuka sosialisasi E- Kinerja / Amril Hidayat

JAMBI-Saat ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak bisa lagi bekerja secara malas malasan. Sebab, kinerja mereka akan langsung bisa dicek oleh kepala dinas bahkan hingga Kepala daerah melalui satu aplikasi saja yaitu aplikasi e Kinerja.

Aplikasi ini sudah mulai diperkenalkan oleh BKN pada acara sosialisasi E Kinerja di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Jambi, Senin (2/7).

Dijelaskan oleh Walikota Jambi Syarif Fasha bahwa nantinya e Kinerja ini akan diaplikasikan untuk setiap pagawai. Setiap ASN memiliki password masing masing untuk log in ke aplikasi tersebut.

Setiap ASN harus mengisi dan melaporkan kinerja apa yang akan dilakukan dan yang sudah dilaksanakan dalam aplikasi tersebut. Sehingga bisa langsung dinilai dan diakses tidak hanya oleh Kepala Dinas saja, namun juga Kepala Daerah.

“Jadi satu OPD itu memiliki satu aplikasi. Ada satu orang yang akan bertanggungjawab terhadap aplikasi tersebut. Jadi semua bisa dicek dengan mudah. Para ASN juga bisa dengan mudah melaporkan apa saja yang sudah dan akan mereka kerjakan,” bebernya.

Fasha mengatakan bahwa Aplikasi ini membantu kepala daerah untuk mengetahui kinerja ASN. Sebab, selama ini, yang mengetahui secara detail mengenai kinerja setiap ASN hanyalah kepala Dinas saja. Sehingga terkadang, ASN yang memiliki hubungan dekat dan baik dengan kepala dinas, bisa mendapatkan promisi yang cepat.

 “Jadi dengan sistem inikan tidak bisa lagi. Meskipun ASN tersebut dekat dengan kepala dinas, tidak bisa lagi dengan mudah mendapatkan promosi jabatan ataupun yang lainnya. Semua akan diukur melalui e kinerja ini,”jelasnya.

Fasha juga menambahkan bahwa melalui aplikasi e kinerja ini, nantinya juga akan mempermudah ASN untuk mendapatkan kenaikan pangkat, promosi jabatan, hingga kenaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP).

“Melalui sistem ini, untuk kenaikan pangkat dan promisi lainnya tidak sulit. Juga untuk penilaian jumlah TPP yang didapat. Karna kita Pemkot akan memberikan TPP berdasarkan analisis beban kerja,” pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments