Selasa, 25 September 2018

Panwaslu Desak PPK dan PPS Kotabaru Dievaluasi


Rabu, 04 Juli 2018 | 14:43:22 WIB


Pimpinan Panwaslu Kota Jambi Fachrul Rozi saat berbicara di pleno KPU Kota Jambi, Rabu (4/7)
Pimpinan Panwaslu Kota Jambi Fachrul Rozi saat berbicara di pleno KPU Kota Jambi, Rabu (4/7) / Metrojambi.com

JAMBI – Pemungutan suara di TPS 16 Kelurahan Simpang III Sipin, Kecamatan Kotabaru, mendapat sorotan tajam dari Panwaslu Kota Jambi. Pasalnya, di TPS ini terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Untuk itu, lembaga pengawas Kota Jambi ini meminta KPU Kota Jambi segera melakukan evaluasi terhadap PPK, PPS hingga KPPS Kecamatan Kotabaru.

Desakan evaluasi ini disampaikan pimpinan Panwaslu Kota Jambi Fachrul Rozi dalam pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan rekapitulasi suara pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Jambi tahun 2018, Rabu (4/7) di Hotel Goleden Harvest.

“KPU harus segera mengevaluasi PPK hingga KPPS Kecamatan Kotabaru, kami lihat banyak kesalahan dan kekacauan di Kotabaru saat hari pemungutan suara,” kata Fachrul Rozi.

“Evaluasi ini harus jadi prioritas,” ujarnya lagi.

Menurutnya, evaluasi ini sangat penting dilakukan terutama untuk menghadapi Pemilu 2019 mendatang. “Ini baru dua pasangan calon, jika di Pileg dan Pilpres nanti aka ada lima kotak suara kalau tidak salah yang harus diurus. Kami lihat banyak yang kebingungan dengan banyaknya formulir administrasi yang harus diparaf,” katanya.

Menanggapi permintaan Panwas, Ketua KPU Kota Jambi, Wein Arifin mengatakan jika dalam PSU di TPS 16 Simpang III Sipin, petugas TPS 16 tidak di SK-kan ulang, namun sudah diganti baru.

“Kesalahan prosedur sudah kami dapatkan dan sanksi akan diberikan,” kata Wein.

Terkait evaluasi, Wein Arifin mengatakan KPU Kota Jambi akan melakukannya secara berjenjang.


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments