Rabu, 26 September 2018

Tips Praktis Membuat GIF di WhatsApp


Rabu, 09 Mei 2018 | 11:41:03 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SEBAGAI salah satu aplikasi perpesanan paling populer dengan jumlah pengguna terbanyak, WhatsApp ternyata juga memungkinkan penggunanya untuk menggunakan GIF dalam aktivitas chatting mereka.

Dengan menerapkan cara membuat GIF di WhatsApp, pesan yang dikirimkan terasa lebih hidup dan seakan menggambarkan ekspresi si pengirim dengan akurat.

Tak lagi hanya sekedar berkirim kata-kata melalui tulisan, kini kita bisa lebih ekspresif dalam chat dengan adanya simbol, emoji dan GIF. Nama terakhir biasanya berisi gambar lucu yang bisa bergerak, biasanya diambil dari potongan adegan film tertentu, yang menggambarkan berbagai situasi entah sedih, senang, tertawa dan sebagainya.

Selain membuat pesan lebih hidup, banyak juga manfaat lain yang bisa didapatkan jika menggunakan GIF di WhatsApp. Salah satunya sebagai sarana melatih kreativitas kita sebagai pengguna. Ya. Selain menyediakan berbagai koleksi GIF, ternyata kita juga bisa memodifikasi, bahkan nantinya membuat GIF kita sendiri lho.

Cara Membuat GIF di WhatsApp Menggunakan Gboard (Google Keyboard)

Untuk bisa menerapkan cara membuat GIF di WhatsApp, kamu bisa dengan mudah melakukannya saat akan chat atau kirim pesan ke siapapun. Syaratnya, kamu cukup menggunakan Gboard sebagai keyboard utama atau keyboard yang digunakan saat chatting menggunakan WhatsaApp.

Jika belum menggunakannya, kamu bisa langsung download Gboard pada link yang sudah Jaka sediakan di atas. Jika sudah, kamu bisa langsung mulai membuat GIF dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone atau perangkat Android milikmu.

Pilih teman atau kerabat yang ingin kamu kirimkan GIF yang kamu buat. Pastikan juga bahwa keyboard utama yang kamu gunakan adalah Gboard. Jika sudah, pilih ikon simbol orang tersenyum (dalam kotak merah).

Pilih bagian GIF, maka akan muncul koleksi GIF yang tersedia dari aplikasi Gboard yang kamu gunakan. Ada berbagai kategori GIF sebut saja HIGH FIVE, CLAPPING, WHAT, SLEEPY dan sebagainya. Per kategori juga terdapat beberapa GIF dengan tema sesuai kategori tersebut. Pilih salah satu yang ingin kamu gunakan.

Setelah memilih salah satu GIF, kamu bisa mendesain alias menambahkan elemen lain yang kamu ingin sebelum dikirimkan. Kamu bisa memasukkan simbol, teks/tulisan, gambar atau tulisan tangan hingga caption untuk GIF tersebut. Jika sudah, pilih ikon Send di sebelah kanan bawah.

GIF yang kamu buat sudah sukses terkirim ke teman atau kerabat kamu via WhatsApp.

Akhir Kata

Itulah cara mudah membuat GIF di WhatsApp hanya dengan bermodal Gboard alias Google Keyboard. Kini kamu gak perlu lagi merasakan bosan akibat chatting yang gitu-gitu aja alias miskin kreativitas. Kamu bisa langsung bikin GIF seru kamu sendiri. Selamat mencoba!


Penulis: jalantikus.com
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: jalantikus.com

TAGS:


comments