Rabu, 12 Agustus 2020

40 Peserta OSN Asal Jambi Dilepas ke Tingkat Nasional


Senin, 02 Juli 2018 | 10:40:28 WIB


Foto bersama
Foto bersama / Jainal Abidin

JAMBI - Sebanyak 40 peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) asal Provinsi Jambi, Sabtu (30/6) lalu dilepas oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, di Shang Ratu Hotel Jambi.

Puluhan peserta ini dilepas untuk mengikuti ajang OSN tingkat nasional yang diselenggarakan di Provinsi Sumatra Barat, 1-7 Juli mendatang.
Dari 40 peserta yang mengikuti OSN, 10 diantaranya dari jenjang SD, 10 peserta dari jenjang SMP, dan 20 peserta dari jenjang SMA. Mereka akan mewakili Jambi dalam setiap bidang kompetisi yang diwakili.

Kepala Disdik yang diwakilkan Kabid SMA Disdik Provinsi Jambi, Abdul Mukti menyampaikan, peserta OSN tingkat nasional dari Jambi tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Tahun ini yang mengikuti sebanyak 40 siswa perwakilan dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi yang sebelumnya telah mengikuti seleksi OSN tingkat provinsi. "40 orang inilah utusan Jambi, yang akan bersaing di Sumatra Barat," ujarnya.

Mukti menyebutkan ada 9 daerah di Provinsi Jambi yang patut diakui prestasinya saat ini. Bukan hanya Kota Jambi yang mampu naik di level nasional, tetapi kabupaten/kota lain juga harus mampu membuktikan naik ke level tersebut dan ini membuktikan kualitas pendidikan di Jambi semakin meningkat.

"Sesuatu yang berproses dengan baik, hasilnya tentu akan baik pula," sebutnya dengan semangat menggebu.

Sebelum keberangkatan para peserta, pihaknya memberikan pembinaan atau training khusus selama beberapa hari dengan guru pembimbing.

Diharapkan dengan pembekalan ini menjadikan peserta semakin siap mengikuti ajang ini, baik persiapan akademik maupun mental. "Selama ini kontingen Jambi lemahnya di mental," ungkapnya.

Kelemahan ini kata Mukti, harus dicari tahu solusinya dan dipersiapkan secara matang. "Terutama bagi guru dan orangtua harus memberikan motivasi," imbuhnya.

Mantan Kabid SMK ini berharap, para peserta dapat memanfaatkan moment ini menjadi moment bahagia, bahkan dirinya menanyakan langsung ke peserta target piala yang harus dibawa pulang, serta menjaga kesehatan selama mengikuti OSN tingkat nasional.

Kasi Peserta Didik Disdik Provinsi Jambi, Alya menambahkan, kontingan OSN asal Jambi tahun ini mengalami peningkatan dibanding 2017 lalu, bila tahun lalu hanya diikuti 22 peserta tahun ini menjadi 40 peserta, dan sebelum keberangkatan akan mengikuti Training Center (TC).

"Peserta yang wakili Jambi dari Kota Jambi, Muarojambi, Batanghari, Tanjabbarat, Tanjabtim, Bungo, Sarolangun, Merangin, Kota Sungaipenuh," jelasnya.

Alya menyebutkan, bidang lomba yang dipertandingkan untuk SD meliputi bidang IPA dan Matematikan, SMP bidang IPA, IPS, dan Matematika.
Sedangkaan tingkat SMA sebanyak 9 bidang studi meliputi Astronomi, Geography, Kebumian, Ekonomi, Komputer,  Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

"Selama di Padang, para peserta ini akan didampingi oleh guru pendamping dan dari Disdik Provinsi Jambi," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments