Rabu, 12 Agustus 2020

SMP 16 Terapkan Radius Jarak dan Nilai

Antisipasi Membludaknya Siswa di PPDB

Senin, 02 Juli 2018 | 10:42:14 WIB


Kepala SMP Negeri 16, Tampubolon
Kepala SMP Negeri 16, Tampubolon / Jainal Abidin

JAMBI - Meskipun jadwal penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) baru dimulai 2-7 Juli mendatang, sejumlah sekolah rupanya telah melakukan persiapan guna mengantisipasi membludaknya siswa yang mendaftar.

Di PPDB tahun ini, sekolah memprioritaskan calon siswa yang berada di lingkungan sekolah atau berada dalam wilayah zonasi. Sementara beberapa sekolah lainnya yang berada di lokasi pemukiman padat penduduk tidak bisa menampung siswa baru nantinya.

Hal seperti inilah yang dirasakan SMP Negeri 16 Kota Jambi. Sebab sekolah ini berada di dekat pemukiman penduduk dan perumahan, di kawasan Mayang Mangurai, maupun 16 sendiri.

Guna mengantisipasi banyaknya peminat yang mendaftar sekolah, nantinya SMP Negeri 16 akan memberlakukan sistem radius jarak untuk zonasi dan penilaian hasil Ujian Nasional (UN) kemarin.

"Ini cara yang tepat untuk mengeliminasi siswa," ujar Kepala SMP Negeri 16 Kota Jambi, Tampubolon, Sabtu (31/6) lalu.Dikatakan Tampu, pihaknya akan melihat jumlah siswa yang mendaftar dengan daya tampung sekolah dalam menerima murid baru.

Sehingga sekolah tidak kelebihan siswa atau over kapasitas dan dapat mengganggu aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas karena kekurangan sarana prasarana penunjang belajar. "Kita hanya terima 256 siswa untuk 8 ruang kelas," jelasnya.

Di PPDB kali ini, pihaknya akan melakukan sistem transfaran atau terbuka dan sesuai juknis. Apabila ada pertanyaan yang ingin disampaikan dapat ditanyakan langsung ke panitia PPDB SMPN 16, karena sistem pendaftaran dilakukan secara online.Selain itu, sistem zonasi dilakukan sekolah negeri untuk membatasi jumlah siswa yang bakal diterima.

Sehingga menurut kepala sekolah yang indentik berjanggut ini, sekolah swasta juga akan kebagian siswa. "Ini sesuai aturan Kemendikbud dan petunjuk Disdik Kota Jambi," imbuhnya.Ia berharap, pelaksanaan PPDB tahun ajaran baru ini dapat berjalan baik, dan dapat menjaring siswa terbaik dalam mengikuti pendidikan nantinya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments