Selasa, 15 Oktober 2019

Wabup Optimis Karya Ilmiah Siswa Tanjabbar Berprestasi Tingkat Provinsi Jambi


Rabu, 04 Juli 2018 | 11:16:48 WIB


/ dok/metrojambi

KUALA TUNGKAL – Wakil Bupati Tanjung Barat Drs. H. Amir Sakib didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Amdani dan Sekretaris Dinas PUPR Ir. Ria Suprianto menjadi dewan juri dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA/SMK sederajat Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Aula Kantor Bappeda, selasa (3/7).

Saat memberikan penilaian Wabup memuji hasil penelitian dan karya ilmiah yang dipresentasikan oleh 6 peserta yang terdiri dari perwakilan SMA/SMK di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. “Saya sangat mengapresiasi karya adik-adik semua, saya optimis salah satu hasil karya ilmiah ini bisa masuk 3 besar bahkan juara di tingkat provinsi nantinya,” puji Wabup.

Wabup juga memberikan beberapa masukan untuk kesempurnaan dan peningkatan agar bisa berprestasi di tingkat provinsi. “Hasil karya ilmiah dan bahan presentasinya sudah bagus mungkin yang perlu diperbaiki cara penyampaian dan artikulasinya agar lebih jelas. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan sikap sopan dan ramah terhadap juri,” pesan wabup.

Sementara Asisten Perekonomian Setda Ir. Amdani menyoroti dampak langsung hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. “Saran saya dijelaskan juga keuntungan yang diperoleh masyarakat dengan menggunakan produk kalian. Misalnya tadi ada yang membuat sabun pencuci piring berapa biaya keseluruhan, apa harganya lebih murah dari yang beredar di pasaran dan apa keuntungan lebihnya menggunakan produk kalian. Dengan demikian produknya bisa memiliki nilai jual. Terus tadi ada juga yang memanfaatkan serai wangi, jika ini yang pertama kita akan daftarkan ke pengadilan hingga memiliki hak paten,” ujar Amdani.

Kepala Bappeda Kabupaten Tanjab Barat yang diwakili Sekban Refiyendri, S.Sos.I mengungkapkan 6 peserta yang presentasi saat ini merupakan hasil seleksi dari 14 peseta karya ilmiah dan nantinya akan di kirim untuk berkompetisi di tingkat Provinsi Jambi pada bulan Agustus Tahun 2018.

Berikut Juara karya ilmiah yang akan diikutsertakan menjadi wakil Kabupaten Tanjab Barat:

Juara 1 Parfum Padat Daru Raipulin sebagai Pengusir Nyamuk (SMKN 1 Kuala Tungkal)

Juara 2 Pemanfaatan Kulit Jengkol sebagai Pembersih Tangan (SMA 1 kuala tungkal)

Juara 3 Pemanfaatan Limbah Plastik menjadi Grass Block (SMKN 1 Kuala Tungkal).

Harapan I Pemanfaatan Buah Akasia dan Daun Pandan sebagai Sabun Pencuci Piring (SMA 1 Kuala Tungkal)

Harapan II Pemanfaatan Daun Sirih Hijau dan Cangkang Telur Ayam menjadi Cairan Pembasmi Semut.

Harapan III Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat melalui Tanaman Hidroponik (MAN 1 Kuala Tungkal)


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments