Rabu, 21 Oktober 2020

Utamakan Kualitas, Calon Siswa SMA 3 Tanjabtim Juga di Tes Keagamaan


Selasa, 03 Juli 2018 | 20:26:24 WIB


Kepala SMA 3 Tanjabtim Pahrin Wirnadian
Kepala SMA 3 Tanjabtim Pahrin Wirnadian / metrojambi.com

JAMBI - Penjaringan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 3, Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) sedikit berbeda dengan sekolah lain. Selain harus melakukan pendaftaran secara online dan melengkapi berkas pendaftaran, calon siswa juga harus mengikuti tahapan tes soal keagamaan.

Kepala SMA Negeri 3 Tanjabtim Pahtin Wirnadian mengatakan, dalam test keagamaan ini, calon siswa harus mampu membaca ayat suci Al-Quran atau mengaji dan melakukan shalat.  

"Tes ngaji dan salat ini beralaku bagi calon siswa yang beragama Islam," ujarnya, Selasa (3/7).

Melalui tes ini, diharapkan siswa yang diterima memiliki karakter dan budi pekerti baik, karena sebelumnya telah dibekali ilmu agama. Ini juga merupakan Kemendikbud dan Disdik Provinsi Jambi.

Menurut Pahtin, sekolah menjaring siswa baru bukan hanya fokus di kuantitas, tetapi kualitas siswa juga lebih diutamakan. Karenanya, selain tes keagaman tersebut, tes dasar seperti ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika juga dilakukan.

Selain itu, kata Pahtin, yang baru menyandang kepala sekolah prestasi tingkat provinsi ini, SMA Negeri 3 Tanjabtim tahun ini untuk pertama kali menerapkan PPDB sistem online.  Sehingga yang mendaftar tidak perlu ke sekolah atau cukup menggunakan android atau omputer di rumah.

"Tapi kita baru online lokal atau mandiri, tidak terhubung atau terkoneksi ke Disdik," ujarnya.

Karena baru pertama menerapkan sistem online, sejak jauh hari, pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke SMP dan MTS di lingkungan Kecamatan Nipah Panjang, agar saat calon siswa mendaftar tidak kesulitan.

"Sebab, tidak semua wilayah di Kecamatan Nipah Panjang jaringan internetnya baik. Mereka, terpaksa mencari jaringan di wilayah lain," katanya.

Pahtin berharap penjaringan PPDB tidak hanya fokus pada kuantitas, namun berdasarkan kualitas sesuai program pendidikan untuk menciptakan peserta didik yang memiliki kualitas pendidikan yang baik.

Untuk diketahui, pada PPDB tahun ini, SMA Negeri 3 Tanjabtim akan menerima 160 murid baru untuk ditempatkan ke dalam 5 rombongan belajar (Rombel).


Penulis: Zainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments